Persiapkan Masuk Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Tidak terasa kamu sudah mulai memasuki dunia kuliah. Bagi yang sudah melakukan pendaftaran kuliah tentu merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk memasuki dunia perkuliahan. Walaupun terdengar cukup menyenangkan akan tetapi persiapan kuliah ini dapat menjadi sebuah hal yang tentunya cukup memusingkan.

Persiapkan Masuk Kuliah

Banyak Hal Yang Perlu Dipersiapkan

Bayangkan saja bahwa selain harus menyisihkan anggaran keperluan untuk uang kuliah dan juga SKS nya ternyata terdapat banyak hal yang penting lainnya dan memang perlu untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Dimulai dari mencari kosan sampai harus membeli keperluan untuk kampus misalnya seperti buku dan tas. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para calon mahasiswa.

Hal-Hal Yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Kuliah

Supaya tidak pusing maka berikut ini dirangkum hal-hal yang memang perlu dipersiapkan sebelum kamu memasuki dunia perkuliahan setelah mendapatkan info pendaftaran kuliah dan hingga diterima.

1. Cari Tempat Kos

Apabila rumah kamu cukup jauh dari kampus maka sebaiknya untuk mempertimbangkan dengan mencari tempat kos saja. Hal tersebut tentu saja bahwa tempat kos yang dicari sebaiknya juga dekat dengan tempat kuliah dan nyaman untuk tinggal. Selain itu juga pastikan untuk lokasi kos yang dipilih aman dan khususnya pada malam hari. Sebab mungkin saja harus pulang malam dikarenakan banyaknya tumpukan tugas dan keperluan kelas hingga malam hari.

Bukan hanya itu saja namun usahakan juga bahwa tempat kos yang sudah dipilih juga sesuai dengan anggaran. Sebagai gambaran saja bahwa tempat kos di kota besar seperti Jakarta di sekitar kampus ini biasanya dimulai dari 1 juta hingga 1.5 juta.

2. Membeli Keperluan Kampus

Loading...

Dimulai dengan mempersiapkan segala kebutuhan secara matang untuk awal di kampus. Kamu dapat memulai dengan membeli seragam yang wajib, id card, buku-buku notes dan alat tulis lainnya dimana segala catatannya yang penting mengenai pelajar dapat diingat dengan baik. Hal tersebut tentunya pada hari pertama ingin segalanya berjalan dengan baik dan tidak berantakan karena hal yang sepele yang dapat dipersiapkan sehari sebelumnya.

Disamping itu apabila memungkinkan maka kamu dapat membeli sebuah laptop yang digunakan untuk keperluan dalam mengerjakan tugasnya. Supaya kamu dapat asyik untuk belajar. Dan kamu pun bisa sambil mendengarkan musik yang sesuai dengan genre kamu yang cocok untuk belajar dan akan semakin semangat dalam mengerjakan tugas.

3. Kegiatan UKM

Pada saat memasuki di dunia perkuliahan maka kamu nantinya akan menemukan UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Karena di dunia perkuliahan memang terdapat kegiatan yang diluar kelas formal. Ketika pendaftaran kuliah bisa dilakukan dengan cara online melalui goKampus, maka untuk kegiatan yang satu ini bahwa harus mencari tahu secara langsung kegiatan apa saja yang ada di kampus tersebut.

Di dalam kegiatan ini maka setiap mahasiswa nantinya akan dilatih untuk bisa bertemu, menghadapi orang lain dan mengatur waktu di dalam organisasi. Selain itu bahwa dengan bergabung dengan UKM ini maka kamu bisa memiliki kesempatan untuk dapat bertemu dan juga berinteraksi dengan banyak orang yang ada di luar jurusan kamu. Dan pastinya dari sinilah jaringan pertemanan akan semakin meluas.

4. Transportasi Terdekat

Apabila memilih untuk tidak tinggal di kos maka sebaiknya untuk mencari tahu dulu transportasi yang nantinya akan digunakan. Ketika sudah selesai melakukan pendaftaran PPM Manajemen maka tentunya kamu harus tahu lokasi dari kampus tersebut. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi maka perhatikanlah apakah ada lahan parkir dari kampus ini yang memungkinkan.

 

Persiapkan Masuk Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *