Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Efektif dan Alami

Ketombe merupakan masalah rambut yang seringkali dialami oleh masyarakat. Ketombe menyebabkan seseorang merasa kurang percaya diri, menghambat aktivitas, merasakan gatal yang berlebihan serta rambut menjadi rontok dan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk itu, cari tahu cara mengatasi ketombe yang efektif dan alami.

Mengatasi Ketombe Secara Efektif

Masalah Ketombe dan Penyebabnya

Ketombe adalah salah satu bentuk dari dermatitis (Seborrheic dermatitis) dimana sel kulit yang terdapat di kepala mengelupas secara berlebihan saat proses keratinisasi belum sempurna.

Ketombe merupakan. Ketombe berawal dari pori-pori kulit kepala yang rentan dengan perkembangan jamur, bakteri, atau mikroba berlebih. Biasanya ketombe terjadi pada orang yang memiliki kulit kepala berminyak. Ketombe terjadi secara eksklusif pada kulit kepala dengan tingkat sebum yang tinggi.

Penyebab munculnya ketombe berawal dari pori-pori kulit kepala yang rentan dengan perkembangan jamur, bakteri, atau mikroba berlebih sehingga muncul jamur Malassezia restricta dan M. globosa. Jamur dan mikroba pada kulit sebenarnya tidak akan mengganggu dalam kondisi wajar. Namun, jika kondisi tertentu muncul, ketombe, dan masalah kulit lain bisa saja muncul.

Malassezia (sebelumnya merupakan Pityrosporum) adalah ragi penyebab infeksi kulit dan kulit kepala sehingga menyebabkan gatal. Pada kondisi hangat dan lembab serta kepadatan penduduk yang berlebihan dan kebersihan diri yang buruk sangat ideal untuk pertumbuhan Malassezia.

Ada beberapa tanda dan gejala ketombe yang ada, antara lain:

  • Muncul serpihan sisik atau kulit putih-kekuningan di kepala
  • Rasa gatal berlebihan di kulit kepala
  • Kulit kepala kemerahan dan meradang
  • Memiliki kadar minyak berlebih di rambut dan kepala

Mengatasi Ketombe Secara Efektif dan Alami

Menggunakan Minyak Kelapa

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa minyak kepala sangat efektif digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Bahan aktif minyak kelapa membantu kulit kepala tetap lembab sehingga dapat mengurangi iritasi. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti mikroba yang potensial digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Menggunakan Lidah Buaya

Ternyata di dalam tanaman lidah buaya terdapat zat aktif anti bakteri dan anti jamur yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya mampu mengendalikan infeksi penyebab rambut rontok dan juga dapat mengurangi peradangan. Cara mengatasi ketombe menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel tanaman lidah buaya ke kulit kepala. Selain itu, di pasaran banyak tersedia gel berbasis lidah buaya yang praktis digunakan.

Menggunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C dan juga vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, gula serta asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut sehingga jeruk nipis sering digunakan untuk menebalkan rambut  atau untuk mengatasi kebotakan dan juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air secukupnya, kemudian dioleskan pada rambut. Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala dan bilas dengan air bersih

Menggunakan Masker Soda Kue

Soda kue dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Soda kue yang memiliki kandungan antijamur dapat membantu mengangkat sel kulit mati di kulit kepala dan mengurangi gatal-gatal di kepala akibat ketombe serta mencegah ketombe kembali menyerang. Cara penggunaannya dengan mengoleskan soda kue langsung ke rambut basah dan pijat ringan kulit kepala. Biarkan selama satu atau dua menit. Baru bilas rambut dengan cara keramas seperti biasa.

Menggunakan Sampo Anti Ketombe

Kondisi kulit kepala akibat ketombe tentu membutuhkan perawatan khusus mulai dari jenis sampo yang dipakai sehari-hari. Sampo anti ketombe memang diformulasikan dengan bahan yang bisa menyingkirkan jamur maupun strain bakteri.

Untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala, kamu bisa mencoba Dove 3 in 1 Super Shampoo. Kandungan serumnya efektif mengatasi tiga masalah sekaligus, yaitu masalah ketombe, kerontokan, hingga rambut lepek. Dengan pemakaian teratur, ketombe di rambut mulai hilang, kerontokan akibat patah berkurang, serta rambut terasa ringan dan tak lepek.

Mencegah Ketombe Tidak Menyerang

Ubah Pola Makan Sehari-Hari

Makanan berperan besar dalam kesehatan kulit. Nutrisi yang buruk memengaruhi kesehatan kulit kepala. Kurangi makanan manis, makan karbo jika memiliki kulit kepala rentan berketombe. Makanan berminyak juga termasuk jenis yang memengaruhi kesehatan kulit kepala. Minyak memproduksi sebum semakin banyak, menambah tumpukan sisik kulit semakin bermunculan. Ganti pola makanan dengan menu yang sehat. Perbanyak sayuran hijau maupun buah-buahan yang kaya vitamin C, vitamin E, dan mineral untuk kulit kepala dan rambut lebih sehat.

Konsumsi asupan kaya probiotik

Makanan dan minuman yang kaya probiotik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Penelitian kecil membuktikan, mengkonsumsi probiotik selama 56 hari dapat mengurangi tingkat keparahan ketombe secara signifikan. Beberapa makanan dan minuman kaya probiotik antara lain kombucha, tempe, tahu, asinan, dan makanan hasil fermentasi lainnya

Kurangi stres

Stres akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit kepala. Stres berkepanjangan dapat menyebabkan tekanan darah naik, detak jantung cepat, dan memicu peradangan. Stres memang bukan penyebab langsung beragam gangguan kulit. Namun, stres dapat memperburuk masalah kulit sebelumnya. Jadi, cara menghilangkan ketombe secara alami juga perlu mengontrol stres. Hindari stres berlebihan dengan rajin meditasi, melakukan beragam teknik relaksasi, yoga, taichi, atau olahraga rutin setiap hari.

Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Efektif dan Alami

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *