5 Cara Mendesain Interior Restoran agar Terlihat Menarik

Tentu terbayang di benak Anda betapa serunya menjalankan bisnis makanan Anda sendiri. Sayangnya, tidak semua aspek soal mendirikan restoran terbilang mengasyikkan, apalagi jika Anda sama sekali tidak-tahu menahu tentang bagamaina cara mendesain interior restoran Anda.

Cara Mendesain Interior Restoran

Mendesain Interior Restoran

Selain menu yang lezat, desain interior juga termasuk komponen penentu kesuksesan restoran yang tidak kalah pentingnya. Simak panduan singkat di bawah ini untuk membantu Anda merancang konsep estetika restoran seperti yang Anda impi-impikan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait mendesain tata letak visual yang sempurna. Cara-cara di bawah ini akan memberikan Anda gambaran mengenai langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk mempercantik eating space dari restoran Anda.

1. Beri Meja Secukupnya

Pebisnis mana yang tidak ingin usahanya laris manis? Namun, dalam bisnis restoran, Anda perlu mempertimbangkan soal “quality over quantity”. Apa maksud dari motto ini?

Artinya, kalau Anda ingin pengunjung restoran Anda memperoleh pengalaman bersantap yang memuaskan, maka jangan berlebihan dalam menempatkan meja dan kursi hingga jumlahnya melebihi kapasitas ruangan.

Tidak hanya mempersempit ruang, namun keberadaan meja-meja tersebut juga mengekang kebebasan pelanggan.

Pastikan Anda memberi jarak yang cukup antara satu meja dengan meja lainnya agar pengunjung restoran Anda dapat melakukan percakapan pribadi dan bergerak di sekitar meja mereka dengan nyaman.

2. Tambahkan Elemen Natural dalam Restoran

Menambahkan elemen natural ke dalam restoran Anda merupakan cara mendesain interior restoran yang efektif menghidupkan suasana di dalam ruangan.

Tanaman gantung dan rangkaian bunga sangat bagus untuk menghiasi meja. Sementara itu, pohon-pohon besar seperti palem atau ara dapat Anda gunakan sebagai statement piece yang menyemarakkan suasana di dalam restoran.

Anda juga bisa memanfaatkan living wall yang dipenuhi dengan tanaman merambat seperti tanduk rusa atau sirih gading untuk membagi ruangan di dalam restoran atau sebagai focal point guna menarik perhatian pengunjung.

3. Pertimbangkan Denah Open Floor

Karena restoran tergolong ruang publik, maka memilih denah lantai terbuka (open floor) akan memungkinkan terbentuknya koneksi yang lebih otentik antara restoran dengan pengunjung.

Anda juga dapat memperhitungkan untuk membangun dapur terbuka (open kitchen) yang dapat dilihat dari ruang makan untuk memperdalam hubungan pelanggan dengan menu yang dipesan.

Dapur terbuka adalah elemen desain khas yang bukan cuma memberikan kesempatan bagi pengunjung restoran Anda untuk mengamati proses persiapan makanan dari dekat, melainkan juga berfungsi sebagai ciri khas dari restoran Anda.

4. Pasang Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan termasuk elemen desain fundamental yang menentukan suasana restoran Anda. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Interior Design membuktikan bahwa pencahayaan dapat memengaruhi respon emosional, yang mana memiliki efek terhadap perilaku pengunjung restoran.

Ketika memilih jenis pencahayaan seperti apa yang hendak Anda gunakan, pikirkan kembali ragam suasana dan atmosfer yang akan Anda ciptakan untuk tamu restoran Anda.

Pencahayaan yang redup dengan kontras tinggi memberikan efek menenangkan dan hangat. Sebaliknya, pencahayaan yang terang namun berkontras rendah akan menghadirkan kesan yang lebih energik.

5. Rekrut Designer Profesional

Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan tetek-bengek mengenai mendesain interior restoran Anda, ada baiknya kalau Anda bekerja sama dengan seorang designer profesional.

Memang, Anda mungkin perlu menyiapkan anggaran yang lebih besar, namun modal yang Anda keluarkan sepadan dengan hasil yang akan Anda peroleh.

Perhatikan restoran dengan desain interior terbaik di dunia seperti Meritage Restaurant di Amerika Serikat yang berhasil memikat hati banyak pengunjung berkat keputusan tepat pengelolanya untuk menyewa designer profesional.

Lihat foto-foto dari bagian dalam Meritage Restaurant yang tampak seperti mahakarya spektakuler di www.meritagetherestaurant.com. Siapa tahu Anda akan mendapatkan inspirasi untuk mendekorasi restoran Anda mirip dengan restoran bertabur bintang tersebut.

***

Desain interior berfungsi sebagai elemen pendukung kesuksesan restoran di samping kualitas makanan dan pelayanan yang diberikan. Meskipun sifatnya hanyalah sebagai komponen tambahan, namun rupa-rupanya desain interior berperan penting dalam membangun citra yang akan membedakan restoran Anda dari bisnis makanan lainnya.

Oleh karena itu, terapkan cara mendesain interior restoran di atas untuk memperoleh tampilan yang Anda idam-idamkan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap restoran Anda. Pada akhirnya, Anda dapat memenangkan hati mereka dengan memilih konsep, pencahayaan, dan tata letak yang tepat.

 

5 Cara Mendesain Interior Restoran agar Terlihat Menarik

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *