Lunii Hidupkan Kembali Kegiatan Mendongeng.

Sebuah perusahaan di Perancis sedang berusaha untuk mengangkat kembali kepopuleran dongeng dengan menciptakan sebuah penutur interaktif yang memungkinkan anak-anak untuk menciptakan sendiri cerita rekaan mereka yang diberi nama Lunii.

Mendongeng merupakan kegiatan harian yang memiliki usia setua manusia namun sebagai akibat maraknya perkembangan teknologi dan penggunaan televisi, ponsel pintar serta komputer tablet menyebabkan kegiatan mendongeng kini mulai ditinggalkan dan peminatnya menurun drastis selama beberapa dekade terakhir.

 

Alat Dongeng Lunii

Melalui penutur interaktif ini kegiatan mendongeng diharapkan kembali populer. Oleh karena itu sebuah perusahaan di Perancis menciptakan alat penutur interaktif yang dinamakan Lunii. Alat ini memungkinkan anak-anak untuk menciptakan sendiri rekaan mereka. Alat pendongeng ini disebut Lunii yang pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat luas pada acara Consumer Electronic Show yang diselenggarakan di Las Vegas Januari tahun lalu. Alat ini dilengkapi dengan roda gulir dan sebuah tombol “OK”.

Anak-anak bisa memilih pilihan cerita yang berbeda-beda dengan menggulirkan roda tersebut. Setelah selesai memilih barulah penutur akan membacakan cerita sesuai dengan variasi pilihan yang diinginkan anak-anak.

Maelle Chassard, pendiri perusahaan Alat Dongeng Lunii, menjelaskan bahwa Lunii adalah penutur cerita yang menakjubkan dan mudah sekali digunakan. Anda harus memilih 4 elemen : pahlawan, tempat, karakter dan objek. Baru kemudian alat ini akan menceritakan kepada Anda 48 cerita yang ia ketahui.

Lalu jika menginginkan cerita baru, tinggal menyambungkan alat ini ke komputer dan perusahaan Alat Dongeng Lunii memiliki perpustakaan, perangkat lunak di mana pengguna bisa mengunduh cerita baru. Cerita baru dan konten interaktif yang berpendidikan. Misalnya anak bisa belajar bahasa baru, belajar fakta historis dan lain-lain.

“Lunii memiliki 48 cerita berbeda, menariknya pengguna juga dapat mengunduh cerita-cerita tambahan lain dari situs web Lunii. Kami ingin mengembangkan imajinasi anak-anak. Alat ini tetap bersifat interaktif namun tanpa adanya layar. Karena kami ingin kembali ke tradisi jam-jam bercerita. Dengan alasan ini maka kami menciptakan Lunii, untuk menjauhkan anak-anak dari layar,” ungkap Maelle Chassard.

Lunii kini sudah ada dipasarkan di Perancis dan dibanderol dengan harga 48 Euro atau sekitar 688.000 Rupiah. Tahun 2018 ini perusahaan juga berencana untuk memperluas jaringan penjualan Lunii ke beberapa negara lain.

 

Alat Dongeng Lunii – Teknologi