Cloud Kitchen, Tren Bisnis Kuliner Terbaru Paling Diminati

Masa pandemi Covid-19 memang telah membatasi berbagai kegiatan manusia sehari-hari, tidak terkecuali di bidang bisnis kuliner. Namun siapa sangka, tantangan zaman tersebut kini kian mempopulerkan peluang usaha kuliner yang berkonsep cloud kitchen everplate.co.id. Konsep bisnis kuliner ini memang meminimalisasi tingkat resiko bangkrut karena kehabisan modal.

Cloud Kitchen

Pada umumnya, bisnis kuliner restoran yang konvensional membutuhkan modal lebih , tempat strategis, pelayan, serta berbagai perlengkapan dan peralatan untuk menyajikan makanan yang dipesan pelanggan. Sehubungan dengan masa pandemi yang membatasi aktivitas masyarakat, tentunya konsep bisnis restoran konvensional tersebut dapat merugikan pelaku usaha.

Konsep Cloud Kitchen

Hadirnya konsep cloud kitchen yang juga dikenal sebagai ghost kitchen ataupun dapur satelit ini menjadi solusi terbaik di masa pandemi serta pilihan tepat bagi pebisnis kuliner yang belum memiliki modal lebih untuk membangun restoran sendiri.

Konsep bisnis kuliner cloud kitchen ini menjadi solusi terbaik masa pandemi serta pilihan paling tepat bagi pebisnis kuliner yang belum memiliki tempat berjualan ataupun restaurant.

Cloud kitchen everplate menawarkan jasa menerima pesanan makanan yang nantinya akan dikirim ke pelanggan. Sehingga konsep ini tidak menyediakan tempat untuk makan. Konsep bisnis everplate ini hampir sama dengan konsep co-working space yang menyediakan ruang bersama untuk bekerja atau beraktivitas.

Restoran cloud kitchen biasanya juga bekerja sama dengan layanan pesan antar dari pihak ketiga untuk mengantarkan pesanan. Namun untuk beberapa restoran tertentu, mereka juga telah melakukan pengantaran pesanan dari pihak restoran tersebut sendiri.

Meskipun baru tren dan populer di masa pandemi, konsep bisnis ini sebenarnya telah diterapkan sejak tahun 2003 di India oleh Rebel Foods yang menjual berbagai macam makanan kebab. Selain itu, konsep ini juga telah digunakan oleh berbagai perusahaan kuliner pizza di dunia.

Tips Sukses Memulai Bisnis Cloud Kitchen

Bagi Anda yang tertarik bergabung bersama bisnis kuliner Everplate, perlu diperhatikan kiat-kiat berikut ini agar bisnis ghost kitchen Anda lancar, sukses, dan kian berkembang.

1. Perhatikan Kebersihan

Kebersihan menjadi syarat utama yang penting. Mengingat kebersihan sangat berkaitan erat dengan isu kesehatan. Terlebih lagi, di masa pandemi ini masalah kesehatan terasa begitu krusial.

Pastikan Anda selalu menjaga kondisi dapur untuk tetap bersih, sehingga makanan yang di pesan memiliki kualitas yang baik dan terjamin. Dengan menjaga kebersihan dapur, berarti Anda juga telah menjaga bisnis Anda untuk kedepannya.

2. Memiliki Koki dan Staf Handal

Selain masalah kebersihan, cita rasa makanan yang ditawarkan ke pelanggan sangatlah penting. Mengingat bisnis cloud kitchen tidak hanya satu restoran dengan satu menu, melainkan berbagai menu dengan berbagai restoran berbeda.

Sehingga, koki yang Anda miliki haruslah handal, mampu bersaing serta mampu mempertahankan cita rasa dan kualitas makanan yang ditawarkan.

Selain itu, staf yang dipekerjakan harus mumpuni untuk dapat menyajikan dan mengemas makanan secara rapi, bersih, serta aman hingga sampai di tangan pelanggan.

3. Perhatikan Persediaan Bahan Baku secara Berkala

Ketiga, Anda perlu secara berkala untuk memantau persediaan bahan baku makanan untuk mengantisipasi habisnya bahan baku di saat restoran tengah beroperasi. Sehingga mengakibatkan pelanggan pergi ke restoran cloud kitchen yang lain.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memiliki catatan suplai bahan baku agar dapat mengontrol keluar masuknya bahan baku.

Itulah penjelasan mengenai cloud kitchen dari Everplate serta tips-tips sukses untuk menjalankan bisnis kuliner ini. Semoga membantu!

 

Cloud Kitchen, Tren Bisnis Kuliner Terbaru

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *