Tips Menjadi Web Developer yang Profesional

Berprofesi sebagai web developer cukup menggiurkan. Pasalnya, banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan keahlian web developer untuk mengembangkan website bisnis mereka. Untuk itu, pihak perusahaan tidak segan-segan memberikan gaji atau bayaran yang tinggi untuk hasil yang maksimal.

Web Developer Profesional

Selain perusahaan, tentu saja masih banyak pelaku usaha lainnya yang juga ingin mengembangkan bisnis mereka secara online. Kondisi ini tentu saja menyebabkan kebutuhan terhadap web developer semakin besar, karena para pelaku usaha tersebut pastinya membutuhkan web developer yang profesional untuk mengembangkan website bisnis mereka.

6 Tips Web Developer Profesional yang Harus Anda Ketahui

Untuk menjadi seorang yang profesional, ada 6 tips web developer profesional yang harus Anda ketahui. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kuasai Metode Pengembangan Website yang Baik

Saat ini terdapat banyak metode pengembangan website, seperti RUP, Agile, dan USDP. Dalam hal ini Anda sebaiknya memfokuskan diri pada analisa, perancangan, pengembangan, serta pengujian. Biasakan diri Anda untuk melakukan pengembangan aplikasi sesuai dengan tahapan-tahapan di atas.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa apa saja yang diperlukan oleh aplikasi ini. Setelah itu Anda melakukan perancangan aplikasi yang Anda gunakan sebelum melakukan coding, lalu melakukan pengembangan atau coding. Sebelum melakukan perilisan, pastikan Anda melakukan uji coba terlebih dahulu.

2. Belajar Mengolah Gambar

Sebuah website tidak akan terlihat profesional dan menarik tanpa adanya gambar, baik berupa icon, background, patern, maupun gambar-gambar lainnya. Agar bisa mengolah gambar dengan baik, cobalah untuk mempelajari software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau Adobe Firework yang memang seringkali digunakan untuk keperluan gambar web.

Meskipun asalnya pengolahan gambar merupakan tugas web designer, tidak ada salahnya jika Anda meningkatkan keahlian dan profesionalisme dengan menguasai penggunaan software tersebut.

3. Pelajari Web Server

Mempelajari tentang web server sangat diperlukan untuk menjadi seorang web developer yang profesional. Dengan mempelajari web server, tentunya Anda bisa mengetahui bagaimana menjalankan dan mengoptimalkan aplikasi Anda di web server.

Loading...

Hal-hal terkait web server yang perlu diketahui semisal penggunaan module caching seperti APC, eAccelerator, penggunaan file .htaccess, dan lain sebagainya. Setelah mempelajari web server, tentunya Anda bisa memaksimalkan atau menambahkan feature aplikasi Anda di server.

4. Pelajari Penggunaan Control Panel Hosting

Pengembangan website tidak lepas dari penggunaan hosting untuk website. Oleh karena itu, seorang web developer yang profesional harus memahami bagaimana cara menggunakan control panel agar aplikasi di provider hosting bisa dimaksimalkan.

Ada beberapa jenis control panel yang sering digunakan, di antaranya adalah cPanel, Pleks, serta ISPConfig. Dengan mengetahui cara melakukan penggunaan untuk semua jenis control panel di atas, tentu profesionalisme Anda sebagai web developer akan bertambah.

5. Ikuti Perkembangan Teknologi Web Terbaru

Teknologi website tidak bersifat statis, melainkan bersifat dinamis atau selalu berkembang. Sebagai contoh, munculnya teknologi RSS, PODCasting, maupun teknologi lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara membuat dan menggunakan teknologi tersebut pada aplikasi Anda.

6. Pelajari Manajemen Proyek

Menjadi seorang developer yang profesional mengharuskan Anda menguasai manajemen proyek dengan baik. Sebab dengan mempelajari manajemen proyek, Anda akan lebih mudah dalam melakukan kolaborasi dengan yang lain dalam pengembangan aplikasi.

Efektivitas dan efisiensi waktu dalam menyelesaikan suatu proyek website bisa Anda dapatkan setelah mempelajari manajemen proyek. Maka dari itu, tingkatkanlah kemampuan Anda dengan cara membiasakan diri Anda dalam mengerjakan aplikasi website, baik untuk keperluan proyek maupun keperluan pribadi.

Untuk menunjang web developement, Anda bisa menyewa hosting handal seperti Niagahoster dengan dukungan LiteSpeed Web Server agar waktu loading website meningkat pesat serta teknologi keamanan Imunify 360 agar website terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

Paket hosting yang ditawarkan Niagahoster pun beragam mulai paket hosting shared hosting, Cloud Hosting, hingga VPS hosting sesuai dengan kebutuhan website. Serya harga yang ditawarkan juga beragam mulai dari 10 ribu per bulan, bahkan ada diskon hingga 75% untuk Paket Personal serta garansi 30 hari uang kembali.

Selain menguasai kelima hal pokok di atas, sebaiknya seorang web developer juga menguasai beberapa tambahan keahlian yang akan meningkatkan profesionalismenya di bidang web developer, semisal menguasai Photoshop, PHP Framework, dan lain sebagainya.

 

Tips Menjadi Web Developer yang Profesional

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *