Manfaat Susu Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu yang diharapkan dalam kehidupan sebuah rumah tangga. Selain dapat membuat bahagia juga sebagai penerus keluarga. Untuk itu para calon ibu berusaha untuk sehat dan mempunyai gizi cukup misalkan dengan minum susu yang bagus untuk ibu hamil. Jika ibu hamil tidak mendapat gizi yang cukup selama kehamilan, maka kemungkinan besar bayi yang dikandungnya akan menderita kurang gizi sehingga bayi tersebut akan lahir dengan berat berat bayi lahir rendah (BBLR). Selain itu, calon ibu yang menderita kekurangan gizi juga akan menyebabkan produksi ASI berkurang bila kelak menyusui.

Susu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil

Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat, terutama perkembangan otak dan susunan syaraf dan membutuhkan asupan gizi yang optimal.

Oleh karena itu, Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi protein sekitar 2-2.5 gr/kg berat badan. Protein yang bermutu adalah protein hewani yang dapat diperoleh dari telur, ikan dan susu. Makanan pada ibu hamil harus sesuai dengan kebutuhan yaitu makanan yang seimbang dengan perkembangan masa kehamilan.

Selain protein, menurut hasil penelitian di Amerika menyebutkan bahwa meningkatkan konsumsi kalsium di masa hamil dapat menurunkan risiko mengalami pre-eclampsia (komplikasi kehamilan yang membahayakan ibu dan janin). Wanita yang mengkonsumsi 1 gram suplemen kalsium setiap hari akan kecil kemungkinan mengalami kondisi serius ini, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen kalsium.

Cara terbaik untuk memastikan ibu hamil mendapat cukup asupan mineral penting ini adalah dengan makan makanan yang kaya kalsium, seperti produk susu dan olahannya, tahu, brokoli dan kacang.

Susu adalah bahan pangan yang dikenal kaya akan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Produk susu merupakan sumber kaya kalsium. Ibu hamil membutuhkan sekitar 1200 mg kalsium perhari, atau sekitar 4 gelas susu. Ibu hamil dapat mengkonsumsi sekitar tiga sampai empat porsi produk susu rendah lemak per hari (susu, yogurt & keju).

Susu kedelai, sarden, ikan bilis, tahu dan sayur-sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber kalsium yang baik. Jika asupan kalsium tidak cukup, bayi akan menyedot kalsium dari tulang ibu sehingga ibu hamil berisiko mengalami osteoporosis di kemudian hari.

Penelitian oleh tim ahli yang dikepalai oleh Kristine Koski, direktur dari School of Dietetics and Human Nutrition, McGill University Montreal, Canada antara Mei 1997 dan Juni 1999 membuktikan bahwa wanita yang tidak minum susu secara teratur saat hamil kemungkinan dapat memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah ataupun bayi yang alergi serta mengalami gangguan pertumbuhan saat dalam kandungan.

Suatu tim peneliti membandingkan berat bayi saat lahir dari ibu yang rutin minum susu minimal satu cangkir sehari dengan ibu yang saat hamil kurang atau tidak minum susu secara teratur. Ternyata bayi dari ibu peminum susu memiliki berat badan yang lebih baik. Sebanyak 300 wanita terlibat dalam penelitian, dan hasilnya dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal, mereka bukan perokok dan hidup sehat selama hamil.

Loading...

Seperempat dari para ibu tersebut mengatakan tidak rutin minum susu setiap hari. Tim ahli mengatakan bahwa penelitian ini penting sebab meningkatnya jumlah wanita yang tidak mengkonsumsi susu saat hamil akan memiliki asupan lemak yang lebih rendah, pertumbuhan berat badan yang terbatas dan gangguan alergi, karena kebiasaan minum susu saat hamil salah satunya adalah mencegah intoleransi laktosa.

Berdasarkan hasil penelitian dari McGill University Montreal tersebut maka dapat diketahui bahwa pentingnya mengkonsumsi susu bagi ibu hamil karena salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan berat badan bayi.

Susu Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Ibu hamil perlu asupan nutrisi tambahan di masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan gizinya dan juga sang buah hati. Salah satunya adalah susu untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam susu dapat memberi asupan gizi lengkap, seperti kalsium, protein dan vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Di pasaran tersedia banyak susu yang bagus untuk ibu hamil. Berikut 6 produk susu untuk ibu hamil kaya nutrisi, yang dikutip dari laman www.telunjuk.com.

1. Prenagen Mommy

Susu yang bagus untuk ibu hamil salah satunya ada Prenagen Mommy. Susu ibu hamil ini juga tersedia dalam kemasan susu UHT botol yang lebih praktis. Produk Prenagen Mommy ini ada dua jenis, Prenagen Mommy Emesis untuk ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama, dan Prenagen Mommy untuk ibu hamil di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.

2. Enfamama A+

Susu Enfamama A+ adalah susu yang bagus untuk ibu hamil dan dapat dikonsumsi juga untuk ibu menyusui. Tersedia dalam dua rasa yaitu coklat dan vanila, teksturnya tidak kental sehingga tidak bikin eneg.

3. Lactamil 

Susu Lactamil juga bisa jadi pilihan sebagai susu yang bagus untuk ibu hamil supaya asupan nutrisinya terpenuhi. Lactamil memiliki rangkaian produk susu untuk ibu hamil dan bayi. Lactamil Inisis, cocok untuk ibu hamil trimester pertama yang sedang mengalami morning sickness mual dan muntah. Lactamil Pregnasis bisa dipilih sebagai susu rendah gula dan lemak.

4. Frisomum Gold

Susu Frisomum Gold adalah salah satu susu kelas premium yang bagus untuk ibu hamil. Nutrisi di dalamnya sangat lengkap untuk menjaga kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan. Frisomum Gold juga dapat diberikan kepada ibu menyusui, sehingga calon ibu tidak perlu berganti susu lagi.

5. Anmum Materna

Susu yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya ada Anmum Materna. Anmum Materna kaya akan nutrisi dengan kandungan susu rendah lemak untuk ibu hamil. Anmum Materna bantu penuhi kebutuhan nutrisi ibu dan buah hati dengan varian rasa coklat dan strawberry white chocolate yang nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.

6. SUN Ibu

SUN Ibu juga salah satu merk susu ibu hamil yang bagus dan kaya nutrisi dengan harga yang terjangkau. Susu SUN Ibu mengandung sumber protein zat besi, kalsium, asam folat, omega 3, omega 6, dan vitamin B6 yang membantu pertumbuhan bayi dalam janin dan menambah nutrisi dan bisa mengurangi rasa mual yang dialami ibu hamil.

 

Manfaat Susu Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *