Benarkah Cacing Tanah Obat Tifus Ampuh?

Rasanya penyakit tifus bukanlah sesuatu hal yang baru di kalangan masyarakat kita hari ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pernah terkena penyakit ini. Typhus juga dikenal dengan istilah typhoid fever yang kebanyakan menyerang orang Indonesia karena disebabkan oleh bakteri salmonella typhi dan juga paratyphi. Cacing tanah obat tifus kadang menjadi pilihan oleh masyarakat saat diserang oleh baketri salmonella typhi dan paratyphi ini.

Cacing Tanah Obat Tifus

Pada dasarnya, Jenis bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang kotor atau tercemar. Kemudian, setelah masuk ke dalam tubuh, bakteri ini pun akan menyerang sistem pencernaan manusia. Salah satu penyebab utama masuknya bakteri ini ke dalam tubuh ialah karena si penderita malas mencuci tangan setelah beraktivitas. Oleh sebab itu, tangan yang kotor memiliki resiko yang tinggi untuk menularkan penyakit kepada orang lain.

Beberapa kasus juga menunjukkan jika penanganan penyakit tifus ini lambat untuk ditangani maka bisa menimbulkan penyakit yang semakin parah. Salah satunya ialah terjadinya pendarahan pada saluran pencernaan yang akan muncul pada minggu ketiga. Tak hanya itu, penyakit ini juga bisa berlanjut ke tahap yang lebih parah yaitu kebocoran usus atau dikenal dengan istilah perforasi.

Untuk mencegah munculnya masalah yang lebih serius yang diakibatkan oleh penyakit tifus ini, banyak orang juga menggunakan ekstrak cacing. Ekstrak cacing dipercaya ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi dan juga paratyphi ini.

Meskipun banyak orang yang merasa disembuhkan karena menggunakan cacing tanah obat tifus, akan tetapi beberapa ahli juga menganggap jika ekstrak cacing belum terbukti secara ilmiah dalam menangani penyakit tifus.

Dari segi ilmu kedokteran, dokter Anita menjelaskan jika memang benar bahwa ekstrak cacing sudah sejak lama digunakan oleh bangsa China sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa khasiat dari ekstrak cacing ini antara lain mampu menyembuhkan demam serta melancarkan fungsi pencernaan.

Loading...

Beberapa ahli pengobatan tradisional juga berpendapat jika ekstrak cacing tanah dengan jenis lumbricus rubellus ini memiliki kandungan protein dan juga enzim-enzim yang sangat bermanfaat dalam menstabilkan fungsi darah, fungsi pencernaan serta menstabilkan suhu tubuh. Beberapa penyakit seperti diare, kolesterol tinggi, disentri, serta maag juga dipercaya ampuh disembuhkan dengan menggunakan ekstrak cacing ini.

Ekstrak Cacing Tanah Untuk Tifus

Menurut penelitian, salah satu penyebab penyakit tifus ini ialah karena adanya bakteri salmonella. Adapun kandungan yang terdapat pada ekstrak cacing tanah dipercaya ampuh untuk membunuh bakteri tersebut.

Nah, jika Anda ingin menjadikan cacing tanah obat tifus maka silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunakanlah cacing tanah yang sering digunakan sebagai umpan memancing ikan
  2. Bersihkanlah cacing tanah hingga semua kotorannya hilang
  3. Goreng sangrailah cacing tersebut hingga hangus dan menjadi serbuk
  4. Setelah halus silahkan mencampurkannya ke dalam air putih, air madu atau dengan air teh.
  5. Minumlah ekstrak cacing ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Meskipun dipercaya ampuh untuk menyembuhkan penyakit tifus, para ahli medis juga memiliki pendapat lain tentang ekstrak cacing ini.

Beberapa penelitian memang belum menunjukkan bukti kuat secara ilmiah mengenai fungsi ekstrak cacing ini dalam menyembuhkan tifus. Dokter Anita juga turut menambahkan jika dalam penanganan pasien tifus ini ada baiknya ditangani secara medis atau sesuai prosedur yang disarankan oleh para dokter. Beberapa diantaranya ialah dengan melakukan bad rest atau istirahat total serta mengkonsumsi berbagai asupan nutrisi dan pemenuhan cairan tubuh.

Dibandingkan mengkonsumsi cacing tanah obat tifus, akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan lunak yang tinggi akan kalori dan protein dengan serat rendah. Makanan-makanan yang kaya akan serat ini bertujuan untuk meringankan fungsi usus yang sedang terinfeksi oleh bakteri.

Selain makan-makanan berserat dan berprotein tinggi, para penderita penyakit tifus juga memerlukan antibiotik yang mampu membunuh bakteri salmonella penyebab penyakit tifus ini. Namun, sebelum menggunakan antibiotik, silahkan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter pemeriksa Anda.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan mengenai cacing tanah obat tifus ini. Meskipun banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya akan tetapi Anda juga patut mengikut penanganan medis untuk mencegah resiko efek samping penggunaannya.

 

Cacing Tanah Obat Tifus

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *