Melakukan servis mobil secara rutin merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan, khususnya kendaraan roda empat. Servis pada mobil secara rutin  hal itu bisa mengurangi intensitas komponen dalam mobil yang rusak.

Selain itu ada beberapa alasan mengapa kita harus rajin membawa mobil ke bengkel atau salon mobil untuk melakukan servis secara berkala. berikut penjelasannya.

  1. Memastikan Keselamatan saat berada di jalan. Sekalipun tidak bisa menjamin kita tidak akan mengalami kecelakaan selama di jalan. Namun ini bisa membantu mengurangi resiko kecelakaan di jalan. Dengan tidak membahayakan diri sendiri, keluarga dan orang lain. Melakukan servis kendaraan sangat perlu dilakukan.
  2. Meningkatkan kualitas Mobil saat berkendara. Dengan melakukan servis secara rutin. Mobil kita akan sangat nyaman untuk digunakan. Tidak hanya bagian kabin saja. Tapi laju mobil yang mulus juga membuat kita nyaman saat berkendara.
  3. Memperpanjang Umur Mobil, Servis rutin mobil juga memastikan kondisi mobil kita dalam keadaan baik. Kondisi mobil yang baik juga akan berpengaruh terhadap seberapa panjang usia mobil yang kita miliki.
  4. Memastikan Efisiensi Bahan Bakar, apa mobil anda boros? Nah ini salah satunya mengapa mobil sangat boros bahan bakar. Jika sudah rutin melakukan servis kendaraan tapi masih saja boros. Ada kemungkinan teknisi yang melakukan servis mobil tidak teliti dan melewati beberapa celah di dalamnya.
  5. Mencegah Malfungsi Komponen dan Biaya tak Terduga, Malfungsi pada komponen mobil juga bisa dicegah. Dengan melakukan servis rutin. Servis sebelum berkendara jauh.
  6. Mengurangi Polusi, mobil yang jarang diservis secara rutin bisa berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang kadar karbondioksida lebih banyak. Sementara dengan melakukan servis, memberikan perawatan pada semua komponen mobil dengan baik sehingga tidak berdampak pada emisi gas buang yang buruk.

itulah mengapa kita harus melakukan servis mobil secara rutin sebelum kerusakan yang lebih besar dirasakan. Dan menghabiskan lebih banyak biaya lainnya.

Dampak Negatif Jika Tidak Merawat Mesin Mobil

Apa yang begitu penting sehingga mobil harus selalu di servis? Yap. Melakukan servis pada mobil sangatlah penting. Bagaimana tidak banyak dampak yang akan timbul jika kita tidak melakukan servis, apa saja dampak negatif jika kita lupa melakukan servis mobil?

  • Kualitas mesin menurun, membuat kualitas mesin menurun akibat apabila kita tidak melakukan servis mobil secara teratur, padahal setiap komponen pada mobil sangat penting.
  • Sistem kelistrikan terganggu, dengan mengabaikan servis secara berkala mungkin kita melupakan aki mobil yang harus di cek. Dan di isi ulang daya jika sudah melemah.
  • Sistem pembakaran yang boros, akibat mesin jarang sekali di rawat dan di servis,
  • Lakukan servis secara rutin untuk mendapatkan kondisi mobil yang selalu prima.

Cara Merawat Mesin Mobil Dengan Mudah

Kita bisa loh melakukan perawatan mobil sendiri, dengan cara yang praktis dan mudah. Karena perawatan dan servis mobil itu sangat penting, mencegah hal yang tidak seharusnya terjadi dengan melakukan servis mobil secara rutin kita sudah memberikan asuransi terhadap diri sendiri dengan mencegah terjadinya kecelakaan selama mengemudi, apa saja perawatan yang perlu dilakukan?  Kita bahas berikut ini.

  • Ganti oli, jangan lupa mengganti oli secara rutin. Jangan biarkan oli sampai mengental dan berwarna hitam pekat, apa lagi sampai kering, akan benar-benar merusak mesin jika oli mobil sampai kering.
  • Perawatan aki mobil, melakukan pengecekan terhadap aki mobil juga sangat perlu dilakukan karena jika kita lupa melakukan pemeriksaan pada aki mobil, sistem kelistrikan yang ada di mobil akan sangat terganggu
  • Pemeriksaan kabel dan lampu juga tak kalah penting untuk dilakukan, jangan lupakan bagian penting lainnya. Kabel kabel juga perlu di priksa.
  • Tune up rutin, sering kali dilupakan padahal melakukan tune up sangat perlu loh.
  • Merawat interior mobil juga perlu dilakukan, untuk kenyamanan saat berkendara dan merasakan sensasi mengendarai mobil baru bisa kita rasakan setiap hari.
  • Memilih bahan bakar terbaik, untuk mesin yang lebih awett dan tahan lama. Memilih bahan bakar dengan akadar paling ramah untuk mesin juga perlu dilakukan.

Sepenting itulah mengapa kita harus melakukan perawatan dan servis rutin pada mobil kita. Sekalipun bisa dilakukan sendiri namun melakukan pengecekan dan service secara berkala lebih baik dilakukan oleh tenaga ahli seperti montir profesional,  untuk mendapatkan harga yang terjangkau dengan kualitas montir yang tidak bisa diremehkan. Kita bisa mengunjungi situs bengkel tune up terdekat dan mendapatkan bonus yang menarik lainnya.

Mobil yang ditangani oleh montir profesional tidak akan pernah mengecewakan. Dan mobil bisa di servis oleh montir terbaik pada bidangnya

 

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima

Literasi Publik

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Post Comment