Modal Kecil, Ini Persiapan Membuka Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong atau convenience store menjadi salah satu jenis bisnis yang terus diminati karena banyak menjual produk yang dibutuhkan masyarakat. Modal yang kecil dalam bisnis ini menjadi daya tarik orang untuk membuka usaha toko kelontong.

Usaha Toko Kelontong

Terlepas dari modalnya yang kecil toko kelontong juga perlu persiapan yang matang layaknya usaha-usaha lainnya. Bagi Anda yang berencana membuka toko kelontong harus tahu apa saja persiapan pentingnya. 

Persiapan yang Perlu Diperhatikan Saat Membuka Toko Kelontong 

Jika dilihat sebuah toko kelontong di pinggir jalan, Anda pasti berpikiran bahwa memulai usaha ini sangat mudah. Cukup siapkan tempat dan membeli barang-barang untuk dijual.

Pada kenyataannya tidak semudah itu, apalagi Anda belum berpengalaman membangun sebuah usaha. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal persiapannya sebagai berikut.

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi selalu menjadi andalan bagi siapa saja yang ingin membuka usaha. Tempat yang bagus adalah terjangkau oleh konsumen. Karena ingin membangun usaha toko kelontong maka akan lebih baik memilih tempat yang padat penduduk.

Literasi Publik:  Aplikasi Paling Cocok untuk Memantau Keuangan

Lebih murah lagi jika Anda tinggal di pemukiman yang padat penduduk dan membuka toko di rumah sendiri. Dengan begitu Anda akan memangkas biaya sewa tempat. Modal yang dibutuhkan tentu tidak membengkak.

2. Mengenali Kebutuhan Konsumen

Selain lokasi, Anda juga harus tahu apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal ini akan berkaitan dengan produk yang harus disiapkan. Anda bisa tahu dengan sering membaur bersama warga dan apa saja produk yang selalu habis bahkan sulit didapatkan.

Mengetahui produk yang harus dijual, Anda jadi lebih mudah untuk menghitung berapa besaran modal yang harus disiapkan. Melalui survei juga Anda akan tahun apakah terdapat pesaing toko kelontong yang menyediakan barang sama.

3. Memilih Tempat Kulakan

Sebagai pemilik toko kelontong Anda harus pandai dalam memilih supplier untuk kulakan. Karena harga dari masing-masing supplier berbeda, bahkan Anda bisa memilih beberapa tempat kulakan untuk mendapatkan produk yang lebih murah.

Toko kelontong menyediakan banyak produk sehingga Anda harus meneliti satu per satu supplier dengan harga produk paling murah. Jangan ragu untuk meminta diskon kepada tempat kulakan sehingga bisa dijadikan langganan.

Literasi Publik:  Jenis-jenis Kuota Internet Telkomsel

4. Mempersiapkan Tempat Penyimpanan

Apabila Anda ingin membuka toko dengan skala yang sedikit besar maka akan lebih baik menyiapkan tempat untuk penyimpanan. Tempat penyimpanan ini akan mempermudah Anda mempersiapkan barang agar tidak habis.

Namun perhatikan juga bahwa tempat penyimpanannya aman, bebas dari tikus, kering sehingga semua produk terjaga kualitasnya. Jangan sampai kualitas produk bermasalah sehingga menimbulkan kerugian.

5. Mengatur Display Semenarik Mungkin

Menjual produk juga membutuhkan display yang menarik supaya konsumen mudah menemukan produk yang mereka butuhkan. Pastikan barang tidak berdebu, menjaga kebersihan toko sangat penting nantinya.

Susunlah produk dengan display yang rapi serta menarik. Jika ditambah dengan pelayanan yang ramah tentu konsumen akan terus kembali berbelanja. Supaya lebih menarik lagi, perhitungkan untuk menciptakan diskon atau promo selama pembukaan toko.

6. Jangan Lupakan Masalah Pembukuan

Apakah sudah memilih mesin kasir untuk kebutuhan usaha Anda? Jika belum Anda perlu memikirkannya dari sekarang. Semua toko kelontong modern selalu menyediakan mesin kasir untuk menghitung penjualan, mempermudah transaksi sekaligus membuat pembukuan.

Literasi Publik:  Cocok untuk Relaksasi, 5 Objek Wisata Alam di Bali Ini Siap Membuat Kamu Terkesan

Membuat pembukuan manual kini sudah tidak zaman lagi sehingga Anda harus ikut berinovasi. Keuntungan menggunakan mesin kasir adalah semua sistem lebih otomatis tanpa harus merekap manual satu per satu.

Jika Anda membutuhkan mesin kasir yang memenuhi kebutuhan pembukuan toko kelontong, Majoo bisa jadi pilihan utamanya. Majoo merupakan perangkat mesin kasir yang menyediakan beberapa fitur lengkap seperti pembayaran cash dan cashless sampai buka tutup kasir.

Majoo juga akan memberikan laporan keuangan secara lengkap setiap harinya yang bisa Anda pantau. Bersama Majoo juga jika Anda ingin mengembangkan toko kelontong juga jadi lebih mudah.

Karena Anda bisa dengan mudah melacak dana keluar dan masuk, bukan hanya transaksi penjualan saja. Laporan keuangan yang didapatkan bisa langsung dibaca tanpa kesulitan membuatnya.

Kini untuk membuka toko kelontong Anda tentu tidak akan merasa kesulitan lagi. Cukup siapkan modal dan langsung diwujudkan.

 

Persiapan Membuka Usaha Toko Kelontong

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *