Bagaimana Cara Mendapatkan Keuntungan Reksadana yang Memuaskan?

Setiap tahunnya, kondisi pasar uang tidak bisa diprediksi secara tepat. Maka dari itu, tidak bisa dipastikan setiap investor mendapatkan keuntungan berlimpah melalui investasi reksadana. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan reksadana yang memuaskan? Anda harus bisa meningkatkan return investasi. Hal ini dilakukan dengan berbagai strategi yang tepat.

Mendapatkan Keuntungan Reksadana

Istilah yang Harus Dipahami dalam Reksadana

Sebelum mengatur strategi yang tepat, Anda tentunya harus memahami betul apa saja istilah yang digunakan dalam investasi reksadana. Umumnya, reksadana terdiri dari beberapa jenis yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana campuran berimbang, reksadana campuran dinamis, dan reksadana saham.

Adapun salah satu yang banyak diminati yaitu investasi reksadana pasar uang. Sebelum melakukannya, Anda harus paham beberapa istilah berikut ini:

1. Manajer Investasi

Ketika berinvestasi di reksadana pasar uang, maka akan mengenal istilah Manajer Investasi (MI). Manajer yang bertugas untuk mengelola setiap nominal yang Anda investasikan. Setiap MI diberikan izin usaha yang dikeluarkan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan. Pihak OJK ini memiliki wewenang serta hak untuk mengubah uang para investor menjadi obligasi, deposito atau pun SBI dengan jatuh tempo kurang satu tahun.

2. Portofolio Efek

Anda juga akan menemukan istilah portofolio efek. Apa yang dimaksud portofolio efek? Sekumpulan surat berharga, berupa saham, tanda bukti utang, obligasi dan semacamnya. Ketika Anda melakukan investasi di reksadana, maka istilah tersebut tentu tidak akan asing di telinga.

3. Subscription Fee

Sebaliknya dari redemption fee, istilah subscription fee ditemukan ketika Anda ingin membeli atau pun menyimpan dana di reksadana. Terdapat biaya yang yang harus dipenuhi, biaya tersebut dinamakan subscription fee.

Strategi yang Tepat untuk Meningkatkan Keuntungan Reksadana

Jika Anda sudah memahami setiap istilah dalam berinvestasi reksadana, maka strategi apa saja yang harus diterapkan untuk meraup keuntungan besar. Setiap investor tentunya menginginkan keuntungan yang berlimpah. Keuntungan reksadana per-bulannya bisa besar bergantung pada strategi yang diterapkan. Di antara strategi tersebut yakni sebagai berikut:

1. Buy and Hold

Pertama, Anda bisa menerapkan strategi buy and hold. Sebuah strategi yang dilakukan dengan cara model investasi diam. Maksudnya, Anda tidak melakukan jual-beli atau pun peralihan dalam jangka waktu yang lama.

Jika modal investasi sebesar Rp. 10 juta, maka Anda bisa investasikan semuanya di reksadana pasar uang. Lalu, berapa lama keuntungan reksadana didapatkan? Anda bisa mendapatkannya sepuluh hingga belasan tahun atau pun jangka waktu tertentu. Nominal yang diinvestasikan seperti halnya menabung di reksadana, karena tanpa adanya jual-beli atau pun peralihan modal investasi.

2. Diversifikasi

Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan strategi diversifikasi untuk meningkatkan keuntungan reksadana. Cara ini dilakukan dengan memisahkan serta melakukan pembagian investasi ke dalam berbagai jenis reksadana. Anda bisa memanfaatkan ragam bentuk pasar uang, jika yang satu melemah, maka bisa beralih pada jenis lainnya. Dengan demikian, Anda pun bisa mempertahankan keuntungannya.

3. Dollar Cost Averaging

Gunakan strategi dollar cost averaging untuk meningkatkan keuntungan reksadana. Caranya, lakukan pembelian secara berkala dalam setiap bulannya. Tanpa memperhatikan kondisi pasar yang lemah maupun kuat, Anda tetap melakukan pembelian secara rutin. Keuntungannya akan mendapatkan unit lebih banyak, kala harga pasar melemah.

4. Lump Sum

Anda juga bisa melakukan penyetoran atau pun menaruh modal besar di awal. Cara ini dinamakan strategi lump sum. Dalam setiap bulannya, Anda tidak perlu menabung, karena sudah disetorkan sedari awal. Namun, jenis strategi ini cocok diterapkan oleh Anda yang memiliki modal besar hingga Rp. 10 juta. Selain itu, cocok juga untuk Anda yang penghasilannya tidak tetap, jadi sekalinya memiliki modal besar bisa langsung diinvestasikan.

5. Market-Timing

Untuk mendapatkan keuntungan reksadana terbesar dan memuaskan, Anda patut menjadi seorang investor yang cerdas dan jeli. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk peka terhadap pergerakan pasar, lalu menentukan waktu yang tepat untuk membeli. Cara ini dinamakan dengan strategi market-timing. Untuk penerapannya, dibutuhkan ketelitian serta kejelian Anda.

Untuk mendapatkan keuntungan reksadana yang memuaskan, pastikan memilih produk yang tepat. Anda bisa mencoba reksadana terproteksi dari DBS Treasures yang menyuguhkan ragam keunggulan menarik. Di antara keunggulan tersebut yakni:

  • Investasi dengan aset terpercaya yang dikelola oleh manajer investasi terkemuka, sehingga setiap aset pun akan terjaga keamanannya.
  • Disuguhkan pemandu yang siap memberikan wawasan, sehingga Anda bisa berinvestasi secara lancar.
  • Berinvestasi di reksadana terproteksi, disajikan kupon regular untuk pembayaran dengan jadwal yang telah ditentukan.

Nah, itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan keuntungan reksadana yang memuaskan. Lakukan dengan penuh ketelitian dan kejelian, sehingga hasilnya pun akan memuaskan. Bagaimana? Siap untuk berinvestasi?

 

Referensi:

  • https://www.cermati.com/artikel/cara-investasi-reksadana-yang-menguntungkan-dan-mudah
  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/modal-kecil-untung-besar-pilih-reksadana-pasar-uang-aja
  • https://blog.bibit.id/blog-1/2020/2/19/dari-mana-keuntungan-investasi-reksadana

 

Mendapatkan Keuntungan Reksadana

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *