Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu, Anda Wajib Tahu

Cara membeli motor bekas agar tidak tertipu memang menjadi sebuah hal yang wajib anda ketahui. Hal ini karena seringkali motor bekas yang terlanjur dibeli tidak sesuai harapan.

Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Ada banyak kasus motor bekas yang baru dibeli dipakai sebentar saja sudah minta mondok atau dirawat di bengkel karena masalah yang dialaminya. Akhirnya biaya pun membengkak dan merugikan anda sebagai konsumen.

Padahal membeli motor bekas diharapkan bisa jadi alternatif untuk anda yang punya budget terbatas. Tetapi karena anda kurang teliti saat membeli motor bekas, anda malah harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Begini Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Persoalannya adalah saat membeli motor bekas tidak sederhana seperti saat anda membeli cemilan. Bila anda tidak pandai dalam memilih motor yang anda beli, anda bisa saja kena tipu. Belum lagi bila anda sudah tergoda dengan iklan yang ditawarkan calo.

Dikutip dari sumber harapanrakyat.com, sekarang ini sepeda motor sudah semakin banyak ragamnya. Mulai dari motor sport, matic, naked bike, sampai motor bebek yang mudah ditemukan di jalan-jalan.

Penggunaan motor di Indonesia sangat tinggi, sebab dianggap lebih efisien untuk mobilisasi masyarakat sehari-hari. Bukan hanya motor baru, tetapi motor bekas juga sangat diminati selama kondisinya prima.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membeli motor bekas. Anda harus tahu bagaimana cara membeli motor bekas agar tidak tertipu.

Ketahui Tipe Motor yang Ingin Dibeli

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membeli motor bekas adalah menentukan seperti apa tipe motor yang akan dibeli. Ini dilakukan agar lebih mempermudah anda untuk mencari penjual yang sesuai dengan motor yang anda inginkan.

Bisa motor matic, motor sport, atau motor bebek. Setelah menentukan jenis motor yang ingin dibeli, anda juga harus memilih penjual yang benar.

Pilihlah penjual motor yang terpercaya supaya anda terhindar dari penjual nakal yang suka menipu konsumen. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan motor yang tepat dan performanya tidak mengecewakan.

Ketahui Berapa Harga di Pasaran Saat Ini

Berikutnya cara membeli motor bekas agar tidak tertipu adalah dengan mengetahui berapa harga motor di pasaran saat ini. Melakukan analisis atau pengecekan harga dari motor yang akan anda beli di pasaran sangat penting.

Loading...

Walaupun terkesan sepele, tetapi langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab setiap tipe motor mempunyai harga yang berbeda. Harganya pun tergantung dari kondisi motor tersebut.

Misalnya bila kondisi motor masih bagus seperti baru, baik dari segi bodi maupun mesin. Pastinya harga yang dibanderol juga lumayan mahal. Tapi sebaliknya, bila kondisi motor adalah motor bekas dan mesinnya sedikit mengalami masalah atau body motor banyak yang lecet, tentu harganya lebih murah.

Disamping itu, dengan melakukan pengecekan harga pasaran membuat anda tidak mudah ditipu dengan harga yang dipatok oleh penjual. Kalau ini Aplikasi Belajar Online Gratis yang bisa dimanfaatkan, mencegah Corona.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Melakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin menjadi salah satu cara membeli motor bekas agar tidak tertipu yang bisa anda ikuti.

Usahakan anda memeriksa secara teliti nomor rangka dan juga nomor mesinnya. Bila nantinya ditemukan kesalahan atau ketidakcocokan antara nomor rangka dan nomor mesin dengan suratnya, hal ini tentu berakibat fatal.

Bisa jadi ini adalah motor curian. Oleh sebab itu, langkah yang satu ini wajib untuk diwaspadai ketika anda membeli motor bekas.

Mengecek Kelengkapan Surat Kendaraan

Pengecekan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB sangat penting. Langkah ini dilakukan untuk tahu kejelasan identitas dari tangan pertama. Dengan demikian, anda dapat memastikan motor bekas yang anda beli bukanlah motor curian.

Ini bisa menjadi salah satu cara membeli motor bekas agar tidak tertipu yang bisa anda lakukan. Bukannya tanpa alasan, mengingat bahwa sekarang tidak sedikit kasus pencurian motor.

Jadi untuk mencegah sesuatu yang tidak diharapkan, maka kelengkapan surat dan juga berkas kendaraan bermotor harus jadi bagian yang diperhatikan.

Menghidupkan Mesin dan Mencobanya

Pastikan motor yang anda pilih bisa langsung distarter dengan normal. Selain itu, suara yang dihasilkan oleh mesinnya juga tidak berisik. Anda bisa mencoba menjalankan motor tersebut atau mengendarainya dengan kecepatan 40 km per jam.

Cek persneling atau perpindahan giginya. Jika terasa sulit, itu tandanya kampas koplingnya habis. Dengarkan pula suara motornya, apakah mendesir atau tidak. Bila terdengar mendesir, bisa jadi gigi primernya habis.

Berbagai cara membeli motor bekas agar tidak tertipu ini harus anda perhatikan agar anda bisa mendapatkan motor seperti yang anda inginkan.

Sumber:

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *