Masuk tahun kesepuluh untuk WhatsApp selaku aplikasi chat dengan pasar terbanyak di dunia. Akan tetapi, baru- baru ini WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru yang cukup menimbulkan perdebatan yaitu kebijakan privasi yang mewajibkan untuk tiap penggunanya untuk memberikan informasi ke Facebook per Februari 2021 kelak.

Perihal ini tentu jadi kesempatan emas untuk aplikasi chat lain yang cukup banyak digunakan yaitu Telegram. Untuk sebagian orang, kebijakan privasi baru WhatsApp diklaim bisa beresiko serta disalahgunakan. Oleh sebab itu, Telegram dapat jadi alternatif lain untuk kalian yang mau meninggalkan WhatsApp sebab kasus kebijakan privasi baru-baru ini.

Di sisi lain, Telegram juga dilengkapi fitur- fitur yang diklaim lebih bagus dibandingkan WhatsApp. Dapat dikatakan jika fitur- fitur itu tidak dimiliki oleh WhatsApp. Penasaran dengan fitur apa yang dimaksud? Ayo, ikuti penjelasan selanjutnya ini.

Mengenal Aplikasi Telegram

Sebelum membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Telegram, alangkah baiknya kalian mengenal lebih detail dulu aplikasinya. Ok, kami akan menjelaskannya sedikit disini.

Telegram adalah suatu platform media komunikasi dengan cara langsung, baik lewat chat, telepon, bahkan video call. Aplikasi ini dibentuk oleh duo kakak beradik Nikolai serta Pavel Durov. Mereka ialah penanggung jawab penting dalam mengatur aplikasi ini. Artikel lainnya Fouad WhatsApp.

Saat menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak akan merasa kebingungan dengan sistem antarmukanya. Sebab fitur yang disediakan kurang lebih sama dengan aplikasi lain semacam WhatsApp.

Kelebihan Aplikasi Telegram

Nah, sekarang kalian sudah mengenal kan apa itu aplikasi telegram? Sekarang kami akan bahas kelebihan yang dimiliki aplikasi tersebut yang dikutip dari steadfast-marine.co.id, untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

1. Mempunyai fitur chat rahasia

Pemilik akun serta pengguna lain bisa melakukan percakapan rahasia dengan fitur secret chat. Layanan ini membolehkan untuk berbicara lebih eksklusif, tanpa disimpan oleh Cloud. Fitur ini tidak bisa diretas oleh hacker, serta pesan akan otomatis terhapus dalam jangka waktu tertentu.

2. Tidak terdapat fitur story

Selama ini pengguna sosial media  sering menggunakan fitur story untuk membagikan suatu cerita bagi dirinya, ataupun perihal lain. Tetapi perihal itu tidak bisa dilakukan pada Telegram. Maksudnya pemilik akun tidak bisa memberikan momen melalui fitur story, semacam pada aplikasi lain.

3. Kapasitas anggota grup besar

Berlainan dengan aplikasi grup chat seperti WhatsApp yang cuma menampung 250 user, telegram sanggup memberikan kapasitas sebesar 5. 000 pengguna untuk masuk dalam satu grup. Tentu fitur grup pada platform ini bisa digunakan untuk kebutuhan komunikasi dengan skala besar, semacam grup alumni sekolah, ataupun komunitas yang lainnya.

4. Ada fitur chat bot

Fitur menarik yang terdapat di Telegram salah satunya merupakan chat bot. Chat bot ini bisa berperan untuk memperoleh informasi perihal yang dibutuhkan, semacam cuaca, menerjemahkan bahasa, informasi terbaru, serta yang yang lain. Pemilik akun juga bisa dihubungan dengan orang lain yang memiliki minat yang serupa lewat chat bot ini.

5. Tidak bisa melakukan enkripsi informasi

Aplikasi Telegram tidak mempunyai fitur enkripsi. Hanya tim khusus dari Telegram yang bisa melakukan enkripsi data lewat MTProto. Tetapi tidak perlu khawatir, sampai saat ini tidak terdapat permasalahan kebocoran data yang terjadi pada Telegram.

6. Mempunyai layanan Cloud

Telegram memiliki penyimpanan sendiri dengan kapasitas 1, 5 GB. Artinya pengguna bisa menyimpan file semacam catatan, gambar, video, dokumen serta yang lainnya. Dengan fitur cloud itu, user bisa dengan leluasa bertukar akun tanpa perlu khawatir file yang tersembunyi akan terhapus.

7. Percakapan grup yang sangat banyak

Karena anggota grup berkapasitas sampai 5 ribu user, pasti membuat terdapatnya sedemikian itu banyak chat yang masuk. Tidak cuma itu, pemilik akun Telegram pasti akan ketinggalan informasi bila tidak mengikuti dari awal chat. Pemberitahuan yang muncul tentu juga sangat mengganggu pemilik akun  yang tidak membisukan tim grup tersebut. Begini Cara Masuk Grup Telegram.

 

Kelebihan Aplikasi Telegram

Literasi Publik

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Post Comment