Biomedik

Hidup Sehat Dengan Prinsip Dasar Gizi Seimbang

Makanan menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi setiap orang, karena itu kualitas dan kuantitas makanan yang di konsumsi harus diperhatikan. Makanan tidak boleh berlebih atau kurang, dan makanan yang dikonsumsi harus mengandung sekelompok zat yang esensial bagi kehidupan dan kesehatan.

Di usia produktif (19-64 th) sangat rentan asupan makanan yang berlebih, gaya hidup yang berubah, tekanan lingkungan yang tinggi, kurang waktu untuk berolahraga , dan stres tinggi akibat tekanan pekerjaan sangat berpengaruh terhadap berbagai penyakit degeneratif, yang berdampak pada penurunan produktivitas kerja.

Prinsip Dasar Gizi Seimbang

Beberapa masalah kesehatan yang sering dijumpai

1. Gizi lebih

Kelebihan gizi dikarenakan konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi, gurih dan manis. Sementara makanan kaya serat seperti sayur dan buah diabaikan. Akibatnya, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh berlebih. Kegemukan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti Jantung koroner, kolesterol, hipertensi, diabetes , kanker dan stroke.

2. Kurang gizi

Kekurangan asupan gizi bisa menyebabkan anemia, gondok. gangguan penglihatan dll. Dapat juga diakibatkan oleh penyakit diare kronis, gangguan pencernaan atau pun gangguan nafsu makan.

Prinsip Dasar Gizi Seimbang

  1. membiasakan makan makanan beraneka ragam. makin beragam pola hidangan, makin mudah terpenuhi kebutuhan akan zat gizi.
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan. Sebagai sumber vitamin, mineral dan serat pangan. juga sebagai antioksidan, menjaga tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, memperlancar buang air besar dan kegemukan. Kekurangan sayuran juga meningkatkan risiko kanker usus. konsumsi sayur dianjurkan 21/2 gelas sayur setelah dimasak dan 2-3 buah-buahan ukuran sedang.
  3. Konsumsi lauk-pauk yang berprotein tinggi. Protein bisa bersumber dari protein hewani seperti daging sapi, kambing, unggas, ikan dan makanan laut. Protein nabati bersumber dari kacang-kacangan dan hasil olahannya.
  4. Konsumsi bermacam macam makanan pokok (karbohidrat). Dianjurkan berupa karbohidrat komplek seperti yang terdapat di dalam padi, gandum, jagung, umbi-umbian.
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak. Batasan gula maksimal perhari 3 sendok makan, garam maksimal 1 sendok teh dan lemak/ minyak tidak lebih dari 5 sendok makan perhari. untuk mengurangi kadar lemak dalam makanan upayakan memasak dengan cara memanggang, membakar, memepes, mengukus atau merebus, serta membuang gajih/lemak/kulit sebelum dimasak.
  6. Biasakan sarapan. Sarapan berperan dalam memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian. Tidak sarapan meningkatkan resiko kegemukan serta resiko jajan yang tidak sehat. Dengan sarapan mencegah makan berlebihan di kala makan kudapan atau makan siang.
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman. Anjuran Konsumsi air putih 11/2- 2 liter air per hari untuk mempertahankan suhu tubuh, media transportasi zat gizi, pembuangan sisa metabolisme , serta pembentuk utama sel dan organ. Gangguan terhadap keseimbangan air di dalam tubuh meningkatkan risiko penyakit antara lain infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, gangguan ginjal, sembelit dan obesitas.

Sehat Dengan Pola Makan Gizi Seimbang

Untuk menunjang pola hidup dengan gizi seimbang, pada orang dewasa dianjurkan untuk melakukan latihan fisik atau olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Bagi orang dewasa salah satu indikator yang menunjukkan bahwa telah terjadi keseimbangan zat gizi dalam tubuh adalah tercapainya berat badan normal.

Penilaian Berat badan orang dewasa dilakukan dengan menentukan Indeks Masa Tubuh (IMT), yaitu Berat badan (kg) dibagi dengan Tinggi badan (m)2. IMT normal adalah antara 18,5- 24,9

Di era globalisasi seperti saat ini, makanan siap santap menjamur dimana mana, khususnya di pusat pusat perbelanjaan, mal, kafe, dan lain-lain. Saatnya kita untuk cerdas dalam memilih menu gizi seimbang demi investasi kesehatan di masa datang.

TIP SEHAT

  1. Pilih makanan rendah lemak dan tinggi serat
  2. Hindari makanan terlalu manis dan terlalu asin
  3. Ganti camilan kue-kue manis dengan buah segar
  4. lakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur
  5. Kontrol pertambahan berat badan sebulan sekali, upayakan IMT tetap normal
  6. Istirahat cukup
  7. Hindari asap rokok, baik perokok aktif maupun pasif
  8. Minum air putih minimal 8 gelas/ hari

 

Hidup Sehat Dengan Prinsip Dasar Gizi Seimbang

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *