Delta dan Kehidupan Manusia

Delta memainkan peran penting dalam kehidupan manusia baik secara historis maupun di masa sekarang. Tanah di delta biasanya sangat baik untuk pertanian. Di bagian delta yang dekat dengan sungai, tanah dibuahi setiap tahun oleh air banjir yang mengandung nutrisi ketika sungai banjir. Secara khusus, delta Nil yang subur telah mendukung sebagian besar pertanian di Mesir selama ribuan tahun.

Delta dan Kehidupan Manusia

Delta dan Kehidupan Manusia

Perdagangan adalah alasan lain mengapa manusia hidup di delta. Karena banyaknya distributor dan akses ke sungai besar dan laut, delta adalah daerah di mana barang dapat dengan mudah diekspor baik ke dalam maupun ke luar negeri.

Banyak pelabuhan terbesar di dunia berada di delta. Juga, komunikasi relatif mudah di delta. Karena tanahnya biasanya datar, maka mudah untuk membangun jalan. Banyaknya jalur air membuat perjalanan perahu juga mudah.

Literasi Publik:  Peringatan Hari Air Dunia (World Water Day)

Kehidupan di Delta

Daerah interdistributary delta dapat mendukung berbagai habitat yang berbeda, tergantung pada apakah mereka lebih dekat ke air tawar sungai atau air asin laut. Jika daerah interdistributary dekat dengan sungai dan terkena banjir tahunan, mereka disebut dataran banjir.

Daerah interdistributary lain di dekat air sungai mungkin rawa air tawar, rawa air tawar, atau danau. Daerah interdistributary yang lebih dekat ke laut kemungkinan dipengaruhi oleh pasang surut. Bisa berupa dataran pasang surut (dataran, tandus, daerah berlumpur yang secara berkala ditutupi oleh air pasang surut), bakau (pohon yang tumbuh di air asin), rawa, rawa asin, atau teluk laut (lekukan di garis pantai laut yang membentuk teluk).

Karena delta memiliki rentang lingkungan yang luas, mereka menjadi tuan rumah keragaman spesies. Banyak spesies tanaman yang berbeda tumbuh subur di delta, dari pohon air asin yang disebut bakau, hingga rumput laut, tepi rawa, dan semak belukar.

Literasi Publik:  Bencana Banjir di Indonesia Kini dan Nanti

Delta juga berfungsi sebagai tempat pembibitan bagi banyak spesies ikan dan invertebrata (hewan tanpa tulang belakang) dan banyak hewan darat seperti ular dan burung.

Daerah laut (laut) merupakan habitat penting bagi cacing penggali dan moluska, krustasea (binatang laut dengan cangkang luar yang keras) yang berburu makanan di sepanjang dasar laut, serta berbagai spesies ikan yang berbeda.

Delta juga melayani peran lingkungan yang penting. Mereka menghilangkan bahan kimia berbahaya yang disimpan di dalamnya oleh polusi sungai. Bahan kimia ini diserap oleh sedimen dan terperangkap saat sedimen baru mengendap di atasnya. Seiring waktu, bakteri memecah banyak zat berbahaya ini dan melepaskan bahan kimia yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia atau hewan lain.

Literasi Publik:  Wilayah Indonesia Rawan Terhadap Bencana

Delta juga dikenal sebagai zona pengisian nutrisi. Ketika hewan dan tumbuhan mati, mereka terkubur dalam sedimen dan bakteri mencernanya. Ini mengubah bahan kimia dalam tubuh mereka menjadi bahan mentah yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Selain itu, dengan membangun saluran air (saluran atau pipa yang digunakan untuk mengalirkan air) dari lahan basah di dekat sungai ke lahan pengering yang lebih jauh dari sumber air, akan mudah untuk memperluas jumlah lahan yang tersedia untuk pertanian. Praktek ini disebut reklamasi tanah.

 

Delta dan Kehidupan Manusia

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *