Saat ini topik tentang investasi memang banyak dicari seiring meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi. Hal itu dikarenakan investasi sebagai cara mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus menambah beban kerja. Untuk itu, banyak pemula mulai mencari tahu tentang cara investasi Reksadana.

Meski pemula, tidak perlu khawatir jika ingin berinvestasi terutama investasi Reksadana. Reksadana ini, pengelolaannya diatur oleh manajer investasi sehingga cocok bagi investor pemula. Selain itu, kamu bisa menelusuri beragam info cara beli Reksadana melalui internet.

Investasi Reksadana dan Macam-macam Jenisnya

Mungkin banyak orang bertanya pula mengapa Reksadana ini dinilai sebagai investasi yang mudah dijalankan oleh pemula. Agar lebih jelas, sebaiknya perlu memahami Reksadana dan cara investasi Reksadana tersebut.

Investasi Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang menghimpun dana masyarakat sebagai pemodalnya lalu dana tersebut dikelola oleh manajer investasi yang membantu meningkatkan nilai portofolio. Sebelum mengenal cara investasi Reksadana, ada baiknya tahu macam-macam Reksadana di bawah ini.

1. Reksadana pasar uang

Investasi Reksadana ini menggunakan instrumen pasar uang dalam negeri yang memiliki jangka waktu pendek, yaitu kurang lebih 1 tahun. Reksadana ini ditempatkan pada deposito dan surat utang jangka pendek sehingga sangat minim risiko.

2. Reksadana pendapatan tetap

Investasi Reksadana pendapatan tetap merupakan investasi Reksadana yang memiliki nilai setidaknya paling sedikit 80% dari asetnya. Reksadana ini berbentuk efek utang atau obligasi. Reksadana tersebut sebagian besar alokasi investasinya berada pada efek yang dinilai memberikan pendapatan secara tetap.

3. Reksadana campuran

Reksadana jenis ini adalah investasi yang terdiri dari beberapa aset sekaligus baik saham, surat utang, ataupun pasar uang. Reksadana tersebut memiliki nilai investasi masing-masing aset setidaknya tidak boleh lebih dari 79% dari total portofolio.

4. Reksadana saham

Reksadana saham adalah jenis Reksadana yang memiliki nilai investasi dalam bentuk saham dengan besarnya paling sedikit 80%.

Strategi dan Cara Investasi Reksadana

Ada berbagai tips dan cara investasi Reksadana, khususnya bagi kamu yang masih pemula. Berikut beberapa strategi dalam berinvestasi Reksadana yang bisa diterapkan.

Memahami istilah dalam investasi Reksadana

Meski terkesan pengetahuan dasar, kamu sebaiknya tahu istilah-istilah yang biasa digunakan dalam investasi Reksadana. Hal ini akan memperjelas wawasan ketika mengaplikasikan cara investasi Reksadana. Beberapa istilah tersebut seperti NAB, UP, subscription, redemption, prospektus, dan lainnya.

Tentukan tujuan investasi 

Ini merupakan strategi yang penting agar jenis investasi yang kamu pilih tidak salah sasaran. Memperoleh keuntungan yang besar memang diinginkan banyak orang ketika berinvestasi, tapi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan. Cara beli Reksadana juga akan lebih mudah karena sesuai perencanaan.

Tentukan media untuk berinvestasi

Saat ini telah banyak situs, platform, aplikasi, atau marketplace yang menyediakan investasi Reksadana. Biasanya juga dilengkapi panduan cara investasi Reksadana sehingga kamu akan dipandu atau diedukasi sebelum memulai berinvestasi.

Bagian yang terpenting adalah pilihlah tempat berinvestasi yang legal atau diawasi oleh OJK sehingga terjamin keamanannya. Selain itu, kelola modal investasi berdasarkan kapasitas yang dimiliki bukan sekadar hanya ikut-ikutan guna mencegah penipuan.

digibank by DBS, Investasi Tepat dan Aman

Setelah memahami informasi tentang cara investasi Reksadana, buat kamu yang tertarik dengan investasi ini bisa mencoba berinvestasi melalui digibank by DBS. Investasi di digibank by DBS mempunyai beberapa keunggulan dan kemudahan yang bisa disimak berikut ini.

Mudah dan praktis berinvestasi

Cara investasi Reksadana bisa melalui berbagai platform, salah satunya cukup dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Dalam satu aplikasi tersebut, berbagai fitur mulai dari penjualan, pembelian, registrasi Single Investor Identification (SID) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, hingga melakukan switching investasi bisa dilakukan.

Ditambah lagi, digibank by DBS juga menyediakan informasi seputar produk investasi, cara beli Reksadana, syarat dan ketentuan dari bank yang tersedia dalam bentuk dokumen, dan lainnya. Untuk itu, investasi di digibank by DBS ini begitu praktis.

Lebih dari 50 produk Reksadana bisa dipilih

Investasi di digibank by DBS ini makin menarik karena menawarkan lebih dari 50 produk Reksadana yang bisa kamu pilih. Jadi, kamu bisa memilih produk investasi yang tepat dan bukan cuma produk yang itu-itu aja.

Pelayanan dengan 3 pilihan Reksadana

Reksadana yang kamu pilih bisa disesuaikan berdasarkan tiga kategori, yaitu dilihat dari kinerja yang terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Dengan info tersebut, kamu akan up to date dan bisa memilih produk Reksadana secara tepat dan yakin.

Daftar scoring tersebut dijamin validitasnya karena diterbitkan oleh perusahaan riset dan teknologi independen yang dipercaya sebagai solusi bagi pasar modal, yakni PT Invofesta Utama. Data tersebut disesuaikan pula dengan kebutuhan PT Bank DBS Indonesia sehingga investor mendapat pelayanan optimal dari segi informasi data.

Fleksibilitas dalam pembelian saham

Kamu yang telah melakukan registrasi dan mendapatkan Single Investor Identification (SID), bisa langsung berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Pembelian saham juga bersifat fleksibel karena nominal investasi per bulan tanggal pendebetan bisa kamu ubah secara otomatis dari aplikasi tersebut.

Modal mulai dari Rp100.000

Cara investasi Reksadana di digibank by DBS makin mudah buat pemula seperti kamu karena bisa dimulai dari nominal Rp100.000. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal dana yang terbatas.

Itulah penjelasan seputar Reksadana dan cara investasi Reksadana yang dapat menambah wawasan kamu tentang dunia investasi Reksadana. Selain itu, berinvestasi di digibank by DBS tentu menjadi pilihan tepat dengan beragam keunggulan dan kemudahan yang diberikan.

 

Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula

Literasi Publik

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Post Comment