Saat ini teknik untuk berniaga sudah sangat mudah. Bahkan, pebisnis sudah bisa menggunakan aplikasi Whatsapp untuk mempromosikan produk kepada khalayak luas. Luar biasanya, cara berbisnis dengan WA tidak hanya simpel tetapi juga irit biaya. 

Cara Berbisnis dengan WA

Bagi yang ingin berjualan produk melalui aplikasi Whatsapp, maka silakan ikuti tutorial cara berikut ini. Jangan lupa, pebisnis harus menerapkan semua cara secara berurutan supaya strategi lebih maksimal dan ini cara yang dimaksud:

1. Membuat Review Produk

Langkah pertama yang harus pebisnis lakukan adalah membuat review produk. Usahakan pebisnis membuat review yang singkat tetapi lengkap seperti manfaat produk, komposisi, varian produk serta harga. Review juga harus menarik dan penuh warna supaya pembaca lebih tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Pada umumnya pebisnis menulis review dalam bentuk banner dengan desain yang elegan. Namun, ukurannya tidak usah terlalu besar yang penting tidak akan terjadi hambatan ketika pebisnis akan mempostingnya ke WA. Untuk ukuran banner review yang paling umum adalah segi empat. 

2. Memasukkan Gambar Produk ke Dalam Banner Review

Cara berbisnis dengan WA yang berikutnya ialah memasukkan gambar produk ke dalam banner. Silakan foto produk lengkap dan jelas lalu edit agar pebisnis bisa memasukkannya ke dalam banner yang telah terbuat sebelumnya. Kalau pebisnis menjual produk dengan jumlah varian yang banyak, maka masukkan seluruh varian tersebut ke dalam banner. 

Usahakan menggunakan kamera yang bagus untuk memotret produk. Paling tidak, pembaca bisa mengetahui dengan jelas gambar produk yang akan dijual kepada pelanggan. Itu artinya, ketika sudah memasukkan gambar, jangan unggah dulu ke WA tetapi perhatikan terlebih dahulu apakah ada bagian gambar yang perlu diedit atau tidak. 

3. Buat Grup WhatsApp

Sejatinya, penjual bisa mempromosikan produknya melalui chat WA langsung atau melalui update status. Namun, cara ini kurang maksimal serta merepotkan karena penjual harus mengunggah banner review satu persatu. Tentunya ini tidak maksimal serta bisa memakan banyak waktu dan tenaga. 

Solusinya adalah silakan buat grup wa bisnis terlebih dahulu. Silakan ajak bergabung akun yang terdekat seperti keluarga, kerabat dan tetangga. Kalau pebisnis menjual produk yang memang populer maka tidak mengapa membangun grup WA untuk akun yang lebih luas. 

4. Posting Banner Review Produk di WhatsApp

Kalau banner review produk sudah terbuat, grup WhatsApp juga telah tersedia, maka sekarang sudah waktunya penjual memposting banner tersebut ke dalam grup. Untuk caranya sangat mudah. Penjual tinggal buka grup WA lalu klik gambar rantai yang berada di samping kiri kotak pesan, lalu cari foto banner yang ingin diposting. 

Setelah itu, penjual harus menekan tool Kirim yang bertanda segitiga miring berwarna hijau. Kalau ada kotak pesan yang harus diisi, maka tuliskan kalimat ajakan untuk membeli produk yang singkat namun jelas. Setelah itu, silakan klik Kirim agar banner masuk ke dalam grup dan seluruh akun di dalamnya bisa membaca dan membeli produk yang ditawarkan. 

5. Membalas Komentar 

Setelah berhasil memposting banner review produk ke WA, maka penjual tidak boleh diam saja, melainkan terus memperhatikan postingan tersebut. Jika ada orang yang berkomentar sekalipun hanya bertanya seputar produk, penjual harus segera membalasnya dengan cepat. 

Membiarkan calon pelanggan menunggu respon penjual dalam waktu lama adalah tindakan yang merugikan. Apalagi jika pembeli ingin segera mendapatkan produk tersebut tetapi si penjual malah tidak memberikan respon yang cepat. Bisa jadi, si calon pembeli akan berpindah ke penjual yang lain. 

Itulah beberapa cara berbisnis dengan WA yang saat ini mulai populer. Bahkan sepertinya, bisnis ini lebih progresif daripada penjual menjajakan produknya di pinggir jalan atau di pasar. Maka menjadi wajar, kalau saat ini pedagang konvensional mulai merambah niaga via WA yang sangat menguntungkan. 

 

Tutorial Cara Berbisnis dengan WA 100% Mudah

Literasi Publik

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Post Comment