Apa itu Bitcoin dan Cara Menambang Bitcoin

Cara Menambang Bitcoin

Pengertian Bitcoin secara umum adalah mata uang digital atau mata uang kripto (cryptocurrency) yang beroperasi bebas dari kontrol atau pengawasan bank atau pemerintah. Tujuan bitcoin diciptakan adalah sebagai cara bagi orang untuk mengirim uang melalui internet. Sebagaimana mata uang digital pada umumnya bitcoin dimaksudkan untuk menyediakan sistem pembayaran alternatif yang akan beroperasi bebas dari kontrol namun dapat digunakan seperti mata uang tradisional. Selain itu, bitcoin cukup menarik sebagai investasi karena bisa menghasilkan ratusan kali lipat.

Bagaimana Mendapatkan Bitcoin? Untuk mendapatkan bitcoin setidaknya ada dua cara yaitu membelinya dari penyedia pertukaran (penyedia layanan exchange) yang mirip dengan membeli mata uang asing atau saham online banking atau menambang (meaning) bitcoin yang bergantung pada perangkat lunak peer-to-peer dan kriptografi.

Bitcoin untuk Investasi

Investasi dalam bitcoin sangat fantastis sejak pandemi melanda dunia. Mata uang digital ini memiliki banyak penggemar, terutama di dunia perdagangan. Pada awal tahun 2020, ada permintaan besar untuk Bitcoin secara terus menerus dan jumlah total transaksinya tinggi. Hal ini dipicu oleh beberapa perusahaan besar yang membeli Bitcoin seperti  Tudor Investment Corp, Square, JP Morgan dkk dan Tesla.

Berinvestasi dalam segala hal, termasuk bitcoin, benar-benar merupakan cara untuk meningkatkan nilai aset atau sejumlah uang. Banyak bursa bitcoin yang menawarkan platform khusus bagi konsumen yang ingin menukarkan Bitcoin mereka dengan mata uang negara atau mata uang kripto lainnya. Biasanya bursa akan menyediakan dompet sementara untuk menampung saldo mata uang atau cryptocurrency yang akan ditukarkan oleh konsumen.

Literasi Publik:  Inland FTA di Kawasan Berikat dan Kawasan Bebas

Namun sebelum berinvestasi, sebaiknya terlebih dahulu memahami apa yang akan dipertaruhkan di masa depan. Jangan terburu-buru menghabiskan semua uang untuk membeli mata uang digital ini. Cara bermain Bitcoin dengan metode terstruktur adalah upaya untuk mempelajari cara berinvestasi Bitcoin dengan aman dan membuatnya lebih mahir.

Penambangan Bitcoin

Penambangan Bitcoin terkait erat  dengan penggunaan komputer yang kompleks dimana terdapat proses memecahkan masalah matematika yang kompleks juga. Penyelesaian matematis ini dilakukan sebagai bentuk upaya penambahan blok baru pada sistem transaksi bitcoin (blockchain).

Oleh karena itu,digunakan istilah menambang (meaning) karena cara menambang bitcoin ini sering dibandingkan dengan proses seperti penambangan emas. Penambangan bitcoin adalah proses yang memelihara jaringan bitcoin dan juga bagaimana koin baru muncul.

Saat menambang bitcoin dibutuhkan banyak software atau perangkat lunak  serta komputer super kompleks yang disebut Application-Specific Integrated Circuit (ASIC) untuk menyelesaikan algoritma kompleks dalam proses ekstraksi.

Umumnya dalam melakukan penambangan bitcoin adalah pertama, ketika komputer menyelesaikan perhitungan rumit ini di  jaringan bitcoin,  yang akan menghasilkan bitcoin baru. Kedua, dengan memecahkan masalah  komputasi, penambang bitcoin membuat jaringan pembayaran bitcoin yang aman dan andal dengan memverifikasi informasi transaksi yang telah dilakukan.

Literasi Publik:  Pengertian Magma Dan Proses Pembentukan Magma

Cara Menambang Bitcoin

Berikut adalah beberapa cara untuk menambang bitcoin yang mungkin Anda ketahui:

1. Pool Mining

Seperti yang  disebutkan sebelumnya, untuk menambang bitcoin Anda membutuhkan banyak peralatan mewah tetapi tentu tidak murah. Selain itu, jumlah listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat tersebut tentunya cukup besar. Jadi, bagi yang baru pertama kali menambang, disarankan untuk menggunakan cara menambang yang umum ini.

Pool mining adalah pembagian peralatan yang digunakan untuk penambangan. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, namun diperoleh efisiensi yang maksimal.

Karena penambangan dilakukan bersama, hasilnya  akan dibagi di antara semua kontributor. Meskipun penambangan kolam akan memberikan hasil setelah Anda bergabung dengan kolam, itu memberikan hasil  lebih cepat dan lebih konsisten, berkat peralatan yang kompleks.

2. Cloud Mining

Cloud mining adalah proses pembelian daya CPU  dari pusat data  menggunakan peralatan untuk operasi penambangan bitcoin. Keuntungan menggunakan cara ini adalah Anda tidak perlu membeli  yang mahal dan tidak mampu membeli perangkat keras.

Dalam istilah awam, pendekatan ini dipahami seolah-olah Anda menyewakan kebutuhan penambangan Internet. Beberapa situs dari penyedia cloud mining terpercaya antara lain: Bitcoin Pool, Genesis Mining atau Hashflare.

3. Penambangan Sendiri

Penambangan Sendiri dilakukan dengan hanya menambang bitcoin. Dengan menggunakan metode ini, hasil yang diperoleh sebenarnya lebih optimal. Namun, biaya yang dibutuhkan untuk menambang bitcoin juga tidak murah. Itu karena Anda harus menyiapkan  banyak uang untuk membeli peralatan yang diperlukan.

Literasi Publik:  Webinar: Pengertian, Jenis, Keuntungan, Media dan Cara Kerja Webinar

Dalam penambangan bitcoin yang terkomputerisasi, tentunya dibutuhkan hardware dan software untuk mendukungnya. Ada 2 unit pemrosesan grafis atau GPU yang bagus untuk penambangan aset kripto Nvidia dan AMD, dan untuk motherboard, setidaknya diperlukan  6 slot PCIe untuk mengakomodasi GPU.

Sedangkan tugas utama software mining adalah memonitor statistik  para miner. Biasanya, statistik yang ditampilkan meliputi kecepatan penambangan, suhu, laju hash, serta kecepatan kipas perangkat yang digunakan. Software CGMiner atau  EasyMiner  yang bisa anda coba.

4. Menggunakan aplikasi seluler 

Penambangan Bitcoin terkait erat  dengan penggunaan komputer yang kompleks. Namun siapa sangka, kini mining sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi di ponsel kamu! Meskipun jumlah bitcoin yang Anda dapatkan tidak kalah  dengan metode penambangan lainnya, penambangan menggunakan aplikasi dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan bitcoin kapan saja dan di mana saja. Aplikasi yang dapat Anda gunakan meliputi: Crypto Miner, AA Miner, MinerGate, Neon Miner atau Droid Miner.

Jika ingin mengetahui atau belajar cara menambang bitcoin lebih lanjut lagi, kunjungi situs ini https://www.tokocrypto.com/ agar lebih maksimal dalam mendapatkan hasil.

 

Sumber referensi:

  • https://news.tokocrypto.com/2021/08/16/cara-menambang-bitcoin/

 

Apa itu Bitcoin dan Cara Menambang Bitcoin

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *