Meski kelihatannya mudah, memilih buku bacaan yang bagus terkadang merupakan petualangan tersendiri. Bukan karena kekurangan buku, tetapi karena dunia nyata dan digital penuh dengan buku-buku yang terbit setiap hari.

Menurut data UNESCO, 2,2 juta buku diterbitkan di dunia setiap tahun. Angka ini pastinya akan terus berubah. Secara logika tidak mungkin membaca semua buku yang ada mengingat jumlahnya yang luar biasa, dan cukup sulit untuk memilih buku bacaan yang bagus tanpa bantuan pemandu bacaan.

Untuk itu, dalam artikel ini Literasi Publik ingin memaparkan beberapa langkah dan rekomendasi agar dalam memilih buku bacaan yang bagus itu, agar terhindar dari membuang waktu dan uang dengan sia-sia. Selanjutnya jika ditulis “buku” saja, arti itu buku bacaan, bukan buku tulis atau bentuk buku elektronik (ebook).

Ciri-ciri Buku Bacaan yang Bagus

Jika Anda bertanya-tanya buku apa yang bagus dan harus menarik perhatian? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat keputusan. Ya, sesuatu yang sederhana seperti memutuskan apakah akan mencari buku fiksi atau non-fiksi. Pada dasarnya, ini adalah dua jenis bacaan yang dapat Anda putuskan.

Semisal Anda ingin membaca buku cerita dengan adegan, pengalaman, dan karakter yang diciptakan dari imajinasi penulis. Atau Anda ingin membaca buku studi, investigasi, atau cerita berdasarkan peristiwa nyata, demonstrasi ilmiah, atau rekomendasi untuk hidup lebih baik.

Buku Fiksi

Pada buku fiksi “ tidak ada aturan mutlak dalam menulis sebuah cerita ”. Itu benar sekali. Namun, jika seorang penulis tahu bagaimana menulis buku yang baik, isi bukunya akan memiliki karakteristik sebagai berikut:

Pembukaan yang intens

Dalam cerita fiksi, permulaan sangat penting untuk menarik perhatian pembaca. Jika permulaannya membuat Anda penasaran dan membuat Anda bertanya pada diri sendiri lebih banyak, maka Anda mungkin melihat cerita yang menjanjikan dan Anda harus mencobanya.

Karakter yang menarik

Ketertarikan pada cerita saja tidak cukup. Karakter yang mengambil bagian dalam plot harus kompleks, mencerminkan karakteristik universal dan membangkitkan identifikasi atau penolakan dalam diri Anda.

Cerita yang Menarik

Ceritanya harus menarik minat Anda dari awal hingga akhir. Jika Anda menemukan adegan kosong dan episode yang tidak ada gunanya, kemungkinan Anda tidak akan pernah tahu bagaimana menyelesaikan membaca buku.

Dialog cerdas

Agar buku fiksi meyakinkan Anda, dialog perlu menambahkan drama ke dalam cerita. Di dalamnya, kompleksitas karakter dan penguasaan penulis harus tercermin.

Gaya unik

Baik tema, bahasa, nada, dan cerita harus menunjukkan orisinalitas. Jika mereka jauh dari satu salinan lagi dari tren sastra saat ini, kemungkinan besar Anda akan menjadi penggemar penulis dan karya-karyanya.

Buku Non-fiksi

Dalam jenis buku ini, aspek cerita tidak begitu penting, tetapi fitur-fitur berikut sangat penting.

Fakta-fakta yang dijelaskan

Dalam buku-buku nonfiksi tidak menceritakan kisah-kisah yang dibuat-buat, fakta, analisis, dan bukti adalah materi yang paling penting. Bergantung pada apa temanya, yang harus Anda cari adalah bahwa ide-ide yang penulis jelaskan menanggapi kebutuhan Anda akan pengetahuan, wahyu, atau perbaikan diri.

Bagaimana isinya ditulis

Dalam buku non-fiksi penting bahwa bahasa yang digunakan dan, bahan pelengkap, berfungsi untuk meyakinkan Anda tentang argumen dan membuat Anda ketagihan membaca .

Struktur teks

Buku non-fiksi membutuhkan perhatian elemen penting yang lebih terfokus, urutan isi, hubungan antara ide-ide dan bahkan desain buku sehingga, pada akhir membaca, Anda merasa bahwa Anda mempelajari sesuatu yang baru atau bahwa informasi yang dibaca akan meningkatkan beberapa keterampilan Anda.

Langkah-langkah Memilih buku yang Bagus

Tips dan cara untuk memilih buku yang bagus bisa banyak, tetapi setidaknya ada lima langkah yang bagus untuk menghindari kesalahan membuang-buang waktu, dan membelanjakan uang agar tidak sia-sia.

1. Buat daftar penulis dan jenis buku

Untuk menemukan buku yang bagus dimulai dengan mengetahui apa selera membaca Anda. Buat daftar tertulis dari semua penulis dan buku menarik yang telah membuat Anda tersentuh, yang adegannya telah terukir di benak Anda dan yang plotnya telah Anda ceritakan dengan penuh semangat kepada teman-teman Anda.

Mengikuti estetika atau isi dari buku-buku tersebut, baik fiksi maupun nonfiksi, kemungkinan besar Anda tidak akan salah dalam mencari buku-buku terbaik untuk dibaca.

2. Tanya pembaca lainnya

Tentunya, Anda bukan satu-satunya orang yang membaca sebuah buku. Anda bisa bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda yang tahu tentang penulis baru, publikasi baru, dan toko buku favorit.  Mereka bisa menjadi sumber informasi dengan bertanya: “ Buku apa yang bisa saya baca? ”.

Cara efektif untuk mendapatkan rekomendasi buku yang bagus adalah juga dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Siapa sepuluh penulis favorit Anda?
  • Jenis buku apa yang paling banyak dikoleksi?
  • Jika Anda harus melakukan perjalanan tanpa koneksi internet, buku apa yang akan Anda bawa?
  • Dalam buku novel, siapa karakter yang paling Anda kenal?
  • Dalam kasus buku non-fiksi, buku apa yang membuat mereka menemukan dan kagum pada sesuatu yang tidak mereka ketahui?

3. Bergabung dengan klub buku

Meskipun Anda memahami membaca sebagai aktivitas menyendiri, tidak semua pengalaman Anda sebagai pembaca harus dikembangkan dalam kesendirian. Anda sudah tahu bahwa ketika pengetahuan dibagikan, seseorang tumbuh sebagai pribadi dan membuat orang lain tumbuh.

Jadi, saat Anda mencari buku yang direkomendasikan untuk dibaca, cobalah bergabung dengan klub buku baik itu online maupun offline diman merupakan tempat yang bisa menemukan pembaca lain untuk berdiskusi tentang penulis maupun judul buku.

Di kelompok ini, Anda akan bertemu orang-orang yang telah membaca buku yang mungkin belum pernah Anda baca. Selain itu, biasanya ada orang-orang yang berpengalaman dalam membeli buku dan Anda dapat belajar bagaimana memilih buku yang bagus.

4. Kunjungi toko buku dan pameran buku

Selain klub buku, pameran dan toko buku juga merupakan tempat menarik untuk memilih buku bacaan yang bagus. Saat Anda mengunjungi sebuah toko buku, cari dan temukan buku-buku yang menarik. Anda bisa berbicara dengan penjualnya dan minta mereka memberi tahu tentang hal-hal baru yang menarik yang ada dalam sebuah buku.

5. Cari daftar best seller

Meskipun tidak semua buku bacaan yang bagus ada dalam daftar buku terlaris atau best seller, namun secara umum rekomendasi buku yang laris terjual itu baik dan bermanfaat berdasarkan isinya dan bukan hanya secara komersial.

Daftar buku best seller biasanya dimuat di media berita, lobi toko buku besar atau untuk internasional biasanya ada dalam daftar Hadiah Pulitzer. Jika Anda menemukan judul-judul buku yang best seller maka buku itu direkomendasikan untuk pecinta membaca.

Rekomendasi Sebelum Membeli Buku

Setelah mempertimbangkan lima langkah sebelumnya untuk memilih buku bacaan yang bagus, sekarang saatnya untuk membelinya. Namun, ada beberapa tips panduan yang bisa Anda terapkan sebelum membelanjakan uang Anda untuk sebuah buku bacaan yang bagus dan terbaik untuk dibaca.

Periksa daftar isi dan sampul belakang

Jangan terpaku pada daya tarik judul saja. Jika Anda berada di toko buku dan memiliki akses melihat isi buku (biasanya ada contoh buku) tanpa alasan apa pun periksa isinya. Buka daftar isi, lihat bagaimana bab-bab disusun, dan bahkan baca ringkasan di sampul belakang.

Baca halaman pertama

Untuk mendapatkan opini pertama tentang cerita, isi dan bahkan gaya penulis buku, beranilah membaca dua atau tiga halaman pertama. Anda dapat melakukannya dengan nyaman di toko buku, di pameran atau di perpustakaan.

Jika Anda ingin membaca buku digital mintalah versi gratis yang dapat Anda unduh di perangkat ebook atau di aplikasi telepon. Dengan cara ini Anda bahkan dapat melihat halaman pertama dan memiliki visi yang lebih jelas tentang apa yang ditawarkan buku tersebut.

Kesimpulan

Seperti yang kami katakan di awal, di dunia yang terlalu banyak buku, dapat memilih buku bacaan yang bagus akan membuat kita puas karena bisa melalui proses “petualangan” yang sangat melelahkan.

Apakah Anda sedang mencari buku fiksi, buku untuk mempelajari keterampilan atau buku sains populer, akan selalu ada variasi yang tak ada habisnya untuk dipilih. Anda bisa melihat rekomendasi buku best seller lainnya di ceklist.id dengan lengkap.

Yang paling penting adalah mengetahui profil membaca Anda, berbagi dengan pembaca lain, dan memanfaatkan alat yang ditawarkan teknologi saat ini. Dengan informasi tersebut, tidak menutup kemungkinan Anda akhirnya akan membeli sebuah buku bacaan yang bagus yang akan mengubah hidup Anda.

 

Tips Memilih Buku Bacaan yang Bagus dengan Tepat

Literasi Publik

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Post Comment