Info Promo Vaksin Polio di SehatQ.com

Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk membebaskan Indonesia dari penyakit polio dengan melaksanakan Program Eradikasi Polio (ERAPO) yang terdiri dari pemberian imunisasi vaksin polio rutin seperti pemberian imunisasi masal pada anak balita melalui Pekan Imunisasi Nasional (PIN) maupun surveilans Acute Flaccid Paralysis (AFP) yaitu pengamatan yang dilakukan terhadap semua kasus penyakit  yang mempunyai sifat kelumpuhan seperti poliomyelitis pada anak usia kurang dari 15 tahun.

vaksin polio

Penyakit Polio

Penyakit polio disebabkan oleh virus polio merupakan keluarga Picornaviridae. Virus yang sempat heboh dan ditakutkan pada awal abad 20 ini dikenal dengan kemampuannya untuk mempengaruhi sebuah bagian dari sumsum tulang belakang, dan mengakibatkan terjadinya Acute Flaccid Paralysis (AFP) atau lumpuh layuh yang terkadang dapat menyebabkan kematian jika otot pernapasan atau tenggorokan mendapat kelumpuhan.

Penyakit polio dapat muncul secara tak terduga, sangat menular, penularan dalam keluarga sekitar 80 % dan bersifat fekal-oral. Anak-anak di bawah usia 5 tahun adalah kelompok yang paling rentan terinfeksi polio karena secara umum polio ditularkan melalui minuman atau makanan yang terkontaminasi kotoran manusia dengan virus polio.

Namun penyakit polio merupakan Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) sehingga World Health Organization (WHO) mengambil bagian untuk mencegah dan mengurangi jumlah penderita polio di negara-negara endemik di penjuru dunia.

Sedangkan di Indonesia telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, pemberian imunisasi tambahan (PIN, Sub PIN, Mopping-up) pada anak balita, surveilans AFP serta pengamanan virus polio di laboratorium (Laboratory Containtment).

Imunisasi polio merupakan salah cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap penyakit polio dengan memberikan “infeksi ringan” yang tidak berbahaya namun cukup untuk menyiapkan respons imun, sehingga apabila kelak terpajan pada penyakit tersebut ia tidak menjadi sakit. Imunisasi poliomyelitis dasar diberikan pada bayi sebelum berusia satu tahun.

Imunisasi polio merupakan imunisasi aktif yaitu pemberian kuman atau racun kuman yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan untuk merangsang tubuh memproduksi antibodi sendiri. Keuntungan dari imunisasi aktif ini adalah pertahanan tubuh yang terbentuk akan dibawa seumur hidup, efektif, murah, tidak berbahaya, serta reaksi yang serius jarang terjadi.

Vaksin Polio

Cara yang paling ampuh dan efektif mencegah tubuh terinfeksi oleh virus polio, penyebab lumpuh layu adalah dengan pemberian vaksin polio. Ada dua tipe imunisasi vaksin polio yang dapat diberikan yaitu vaksin tetes (OPV) yang berasal dari virus polio hidup yang dilemahkan untuk merangsang pembentukkan protein yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (antibodi) dalam tubuh tanpa menyebabkan penyakit. Dan vaksin suntik (IPV) untuk pencegahan polio pada bayi dan anak dengan kekebalan tubuh yang lemah, atau bila OPV tidak dianjurkan.

Pemberian vaksin polio ini penting untuk mencegah polio, oleh karena itu perlu diberikan sejak bayi baru lahir agar dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap infeksi virus penyebab polio. Bahkan vaksin polio ini menjadi salah satu imunisasi dasar sejak tahun 1980 setelah terjadi endemik polio. Sedangkan, imunisasi dalam bentuk suntik mulai diberikan di Indonesia pada tahun 2007.

Untuk mendapatkan vaksin polio lengkap seperti Vaksin DPaT + HIB +Polio (Combo) INFANRIX HIB-IPV yang merupakan vaksin kombinasi berupa Suspensi yang mengandung toksoid difteri,tetanus,pertussis acellular, virus hepatitis b rekombinan, virus polio myelitis tidak aktif dan haemophilus influenza tipe b polisakarida terkonjugasi dengan tetanus toksoid, ada promo kesehatan dari SehatQ.

SehatQ hadir untuk membantu Anda mengelola kesehatan Anda dan keluarga. Perjalanan kesehatan dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu berbeda, bergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas, dan kondisi individu tersebut.

Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan serta banyak promo kesehatan yang akan diberikan kepada pengguna.

 

Info Promo Vaksin Polio di SehatQ.com

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *