Buat Para Pemula, Simak Cara Mendapatkan Uang dari Bitcoin

Di tengah dukungan Elon Musk akan keberadaan Bitcoin sebagai mata uang baru ini, nama Bitcoin jadi semakin meroket di kalangan masyarakat. Nilai tukarnya pun dikabarkan semakin tinggi hingga mencapai 600-an juta jika dirupiahkan. Bahkan hingga hari artikel ini diterbitkan harga btc to idr mencapai 760 juta. Jika Anda adalah salah satu orang yang penasaran dengan mata uang digital yang satu ini, serta ingin mengetahui cara kerja dan cara mendapatkan uang dari Bitcoin, mari simak penjelasan di bawah ini!

Cara mendapatkan uang dari bitcoin

Pengertian Bitcoin dan Cara Kerjanya

Bitcoin adalah mata uang virtual/digital yang bisa disebut juga dengan cryptocurrency. Bitcoin pertama kali diluncurkan di internet pada 2009 oleh Satoshi Nakamoto (yang menurut beberapa sumber merupakan nama samaran). Sama halnya dengan uang dalam bentuk fisik, Bitcoin pun memiliki nilai tukar. Bitcoin juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli suatu produk ataupun jasa. Lebih dari itu, bahkan mata uang Bitcoin juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran di PayPal.

Jika Anda bertanya-tanya perihal cara kerjanya, jadi Bitcoin ini dihitung dari setiap kepingannya. Walaupun tidak ada bentuk yang bisa dipegang secara nyata, keping yang dimaksudkan ini merupakan file dalam perangkat yang kemudian dapat disimpan di aplikasi digital wallet dalam gadget Anda. 

Jika Anda sudah memiliki kepingan aset crypto ini di dalam genggaman, Anda dapat melakukan ragam transaksi digital dengan cara mengirimkan bagian uang digital tersebut melalui digital wallet. Setelah melakukan transaksi, jejak Anda pun tidak akan hilang begitu saja. Di dalam sistem pertukaran aset crypto yang satu ini, yang dilakukan oleh cryptocurrency seperti Bitcoin.

Keberadaan Blockchain ini bermaksud sebagai media penyampai dari pihak A dan B yang ingin melakukan transaksi. Sistemnya pun bersifat otomatis dan aman, juga memungkinkan tindakan melacak yang dapat mencegah pembelanjaan ilegal (dari orang yang tidak punya koin).

Ragam Cara Mendapatkan Uang dari Bitcoin

Setelah mengetahui apa itu Bitcoin dan cara kerjanya, tentu saja pertanyaan yang timbul di benak adalah “Apa iya Bitcoin dapat menghasilkan dan menguntungkan?”. Sejak kemunculannya, memang pertanyaan ini sering dipertanyakan, khususnya buat pemula. Dengan membaca ini, Anda tidak perlu ragu lagi, karena jawabannya adalah Ya, bisa. Fluktuasi nilai yang dialami Bitcoin menjadi salah satu alasan mengapa Bitcoin dibilang dapat menghasilkan. Ada banyak cara mendapatkan uang dari Bitcoin, yaitu:

1. Menambang

Proses menambahkan blok di jaringan Blockchain Bitcoin dengan cara memecahkan teka-teki kriptografi biasa disebut dengan penambangan. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapat keuntungan besar jika Anda memiliki komputer dengan spesifikasi mewah serta memiliki kemampuan teknis yang kuat. Walaupun belakangan penambangan ini bisa dibilang tidak menguntungkan seperti dulu, namun terdapat layanan tambang berbasis cloud yang bisa dilakukan dengan cukup membayar satu kali saja. Mulai dari sewa alat penambangan yang terjamin bisa Anda dapatkan, namun Anda perlu ekstra hati-hati dalam memilih layanan cloud mining yang terpercaya karena risiko spamming masih terbilang tinggi.

2. Trading

Kemudian, trading, layaknya bermain saham, trading dalam Bitcoin merupakan proses jual dan beli Bitcoin yang dimaksudkan demi keuntungan finansial. Cara ini bisa dibilang cukup populer. Kalau Anda biasa melakukan trading saham atau mempunyai kemampuan analisis yang baik dalam membaca grafik perdagangan, mungkin cara yang satu ini akan cocok buat Anda.

Namun, Anda perlu mencatat jika cara yang satu ini pun memiliki risiko yang cukup tinggi walau terlihat sangat menjanjikan. Seperti pada prinsipnya High Risk High Return, jika Anda tidak siap dengan resiko merugi, Anda perlu memilih aplikasi dengan fitur trading yang lebih sesuai dengan kebutuhan pemula. Kemudian, Anda juga perlu memahami vitalitas dunia Bitcoin dan memiliki perencanaan mendetail juga daftar aset yang kiranya bisa Anda relakan.

3. Investasi

Dalam bursa crypto, terdapat istilah bernama Hold On for Dear Life (HODL) yang dimaksudkan sebagai bentuk investasi berjangka panjang. Cara kerjanya adalah dengan menahan BTC yang Anda miliki sampai waktu dengan harga terbaik datang. Selain hanya menunggu dengan term HODL, Anda pun masih bisa memilih cara investasi dengan menyalurkan Bitcoin Anda pada perusahaan atau pengembang Blockchain dengan harapan kemudian hari terdapat keuntungan.

Bentuk investasi pada perusahaan biasanya membutuhkan kemampuan analisis yang baik, dari segi potensi dan riset Anda harus kuat untuk mengukur mana kiranya perusahaan yang kiranya bisa memberikan Anda potensi keuangan. Mengetahui kekurangan dari jenis investasi pun, sudah layaknya diketahui dari awal. Seperti yang kita tahu dari bursa saham konvensional maupun kripto pun sama-sama membutuhkan banyak pertimbangan. Kita pastinya perlu berpindah sampai bisa menemukan peluang yang benar-benar tepat dan sesuai dengan preferensi.

4. Menerima Bitcoin sebagai Opsi Pembayaran

Opsi ini adalah opsi yang minim risiko. Anda bisa mendapat uang BTC hanya dengan mengadakan atau menerima pembayaran dengan Bitcoin jika Anda memiliki usaha. Pengintegraisan Bitcoin dalam opsi pembayaran sangat dapat diperhitungkan karena Anda bisa mendapat keuntungan dengannya kalau grafik menunjukkan angka tinggi untuk penukaran Bitcoin.

Proses pembayaran pun akan lebih efisien karena memungkinkan Anda menerima ragam pembayaran dengan waktu singkat juga berasal dari berbagai penjuru. Untuk menerapkan ini Anda hanya perlu menyediakan Bitcoin wallet dan selalu menyesuaikan harga dengan volatilitas Bitcoin agar tidak mengalami kerugian.

5. Program Afiliasi

Cara terakhir ini merupakan salah satu cara mudah yang bisa memberikan keuntungan. Program afiliasi ini merupakan cara yang dapat dilakukan dengan cara mendaftar dan mempromosikan produk pada program afiliasi kripto. Dengan begini Anda pun dapat memanfaat kan followers atau rekan-rekan yang Anda miliki di media sosial. Biasanya perusahaan tersebut akan memberi Anda komisi sesuai dengan banyaknya pelanggan baru yang bisa Anda hasilkan (dilacak melalui tautan afiliasi khusus).

Lebih dari itu, kalau Anda punya pengetahuan yang baik dalam dunia Blockchain, bukan tidak mungkin Anda mendapat bonus dengan membuat tulisan dan bergabung dalam forum diskusi kripto dalam platform blog kripto. Jadi, buat Anda yang percaya diri dan memiliki kemampuan dalam membangun jaringan, dengan program ini, Anda bisa meraih banyak keuntungan. Namun, jangan lupa untuk memastikan kalau Anda tergabung pada program yang punya reputasi baik.

Itu dia beberapa cara mendapatkan uang dari Bitcoin. Banyak bukan? Memang, pastinya tidak semua akan tepat bagi Anda, namun dengan mempelajari dan mengetahui tingkat risiko dan kecocokan cara kerja, Anda pasti bisa memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Bagi Anda yang penasaran dengan salah satu cara di atas seperti menambang atau bahkan trading, Anda bisa mengunjungi Tokocrypto, salah satu platform exchange terbaik yang memiliki verifikasi dari Pemerintah Indonesia. Pastinya terpercaya! Jadi, cara apa yang Anda ingin coba?

 

Cara mendapatkan uang dari bitcoin

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *