Present participle merupakan bentuk verb-ing yang akan menjelaskan suatu kegiatan yang sedang dilakukan secara aktif atau tindakan secara berkelanjutan. Present participle ini digunakan sebagai komponen dari verb phrase bersama dengan auxiliary verb untuk dapat membentuk suatu perfect continuous tense.

Dengan begitu present participle ini adalah suatu kata kerja yang memiliki akhiran –ing, biasanya digunakan dalam progressive atau continuous tense yang memiliki fungsi berbeda-beda pada sebuah kalimat terkadang sebagai verb dan bisa juga sebagai adjective.

Present and Past Participle

Setelah Anda mempelajari tentang Present and Past Participle pastinya Anda telah mengetahui bahwa keduanya sama-sama penting untuk dipelajari dalam Bahasa Inggris. Present participle merupakan bentuk kata kerja berimbuhan –ing contoh : boring, exciting, dll.

Berikut ini merupakan contoh kalimat penggunaan present participle

  • He is smiling at you.
  • The workers were queueing for their salaries.
  • She will be studying at the class.

Dari ketiga contoh kalimat diatas dapat diketahui dengan jelas bahwa present participle diatas digunakan sebagai kata kerja yang sedang terjadi saat ini dengan diikuti oleh imbuhan –ing yang menjadi ciri khas dari present participle.

Sedangkan contoh present participle yang digunakan sebagai kata sifat adalah :

  • He decides to join the basketball team.
  • He had to wear his glasses everywhere he went.

Sedangkan bentuk keduanya yaitu past participle. Past participle sendiri merupakan bentuk kata kerja ke 3 atau verb 3 seperti : bored, excited, interested, dll. Past participle ini umumnya memiliki akhiran –ed untuk kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan. Dan juga umumnya memiliki akhiran –t, -en, -n.

Antara past participle dengan present participle sendiri memiliki kesamaan fungsi. Yang pertama sebagai kata kerja dengan present memiliki akhiran –ing sedangkan past participle diikuti dengan being. Yang kedua sama-sama berfungsi sebagai kata sifat atau adjective yang terletak sebelum kata benda

Nah saat ini Anda telah memiliki pengetahuan baru mengenai present participle. Namun agar Bahasa Inggris Anda lebih prefect lagi Anda dapat mempelajari lebih dalam lagi mengenai present dan past participle serta grammar lainnya di EF Adults. EF akan membantu Anda meningkatkan skill Bahasa Inggris Anda dengan cepat.

 

Present Participle, Penjelasan dan Contohnya.

Literasi Publik

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Post Comment