Pengertian Tabungan Menurut Jenis, Manfaat, dan Fungsinya

Pengertian tabungan tentunya tidak asing lagi bagi siapa pun yang sudah mengenal konsep tentang uang. Siapa pun juga pasti sudah tahu tentang pentingnya tabungan atau simpanan. Pastikan Anda juga telah memiliki pilihan investasi dari PFI Mega Life  sebagai salah satu pilihan berasuransi dari PFI.  Namun, apakah Anda sudah tahu pengertian tabungan sesuai dengan jenis, manfaat, dan fungsinya? Yuk, pahami dulu semuanya seputar tabungan supaya hasilnya juga maksimal!

Pengertian Tabungan

Pengertian Tabungan

Pada prinsipnya, pengertian tabungan adalah uang yang disimpan. Dari definisi dasar ini, pengertian tabungan tidak terikat dalam lembaga atau institusi keuangan, tetapi juga bisa termasuk jenis tabungan sederhana yaitu menyimpan uang dalam celengan.

Pengertian tabungan dalam hal ini adalah uang yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan merupakan porsi yang tersisa, oleh karenanya disisihkan. Simpanan uang dapat digunakan dan diambil kapan saja, untuk kebutuhan apa saja, tanpa terikat perjanjian atau waktu karena sifatnya pribadi.

Secara makna dalam dunia ekonomi, pengertian tabungan sering dikaitkan dengan lembaga atau institusi keuangan tertentu. Dalam hal ini, tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu. Hal-hal yang harus dipenuhi nasabah antara lain:

  • Melakukan setoran awal minimal yang besarannya ditentukan masing-masing bank.
  • Melengkapi formulir dan dokumen yang dibutuhkan.
  • Membayar biaya administrasi yang telah ditetapkan oleh bank.

Saat Anda menabung di bank, ada beberapa hal yang akan diberikan kepada Anda selaku nasabah, yaitu:

  • Bukti pencatatan atas rekening bank yang dimiliki misalnya buku tabungan atau akses melalui internet/mobile banking.
  • Fasilitas pelayanan sehubungan dengan kebutuhan atas rekening Anda.
  • Suku bunga dan hal-hal lain sesuai peraturan dan kesepakatan yang telah disetujui.

Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Sektor perbankan di Indonesia sudah dimulai sejak 1828, yaitu sejak Pemerintahan Hindia Belanda. Pertumbuhannya yang pesat disertai dengan variasi jenis tabungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

1. Tabungan Konvensional

Sesuai namanya, pengertian tabungan konvensional tidak jauh dari standar umum yang sudah dikenal dan dimiliki banyak kalangan masyarakat Indonesia. Tabungan konvensional ini tergolong mudah dan praktis, baik dari cara pengajuan pembukaan rekening maupun penggunaannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Pembukaan rekening tabungan konvensional juga tidak sulit, bisa diproses pada hari yang sama. Setelah memiliki tabungan konvensional, nasabah bisa menyimpan uang, menyetorkan uang, menarik dana sesuai tabungan yang ada. Nasabah juga bisa mengirimkan uang dan mendapatkan histori transaksi baik dari rekening koran, buku tabungan, atau internet banking.

Tabungan konvensional biasanya memberikan bunga yang relatif rendah dan biaya administrasi sesuai ketentuan pihak bank. Tabungan konvensional sudah dijamin LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan yang akan menjaga keamanan uang nasabah, walaupun bank terkena likuidasi, bangkrut, atau masalah keuangan lainnya.

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan yang disediakan oleh pihak bank yang sedikit berbeda dari tabungan konvensional. Pada jenis yang satu ini, pengertian tabungan terikat pada jangka waktu tertentu sehingga nasabah tidak bisa dengan fleksibel menarik dana saat diperlukan.

Penarikan dana pada tabungan berjangka hanya bisa dilakukan jika nasabah telah menggenapi syarat waktu tabungan yang ditentukan misalnya 3, 6, 12 bulan. Hampir sama prinsipnya dengan deposito, tabungan berjangka biasanya tidak membutuhkan setoran pertama yang sangat tinggi dan bunga yang ditawarkan juga tidak setinggi deposito. Namun, tabungan berjangka tetap dijamin LPS sesuai tingkat suku bunga yang ditentukan.

3. Tabungan Giro

Loading...

Giro adalah tabungan khusus untuk kegiatan usaha atau bisnis. Tabungan giro biasanya dibuka atas nama perusahaan, bukan nama pribadi. Dikarenakan penarikan dananya harus jelas, tabungan giro dilengkapi bilyet giro atau cek yang dapat dicairkan pemegang atau atas nama tertentu.

Pengertian tabungan giro juga terikat beberapa persyaratan demi menjamin transaksi keluar-masuk kas perusahaan secara aman. Ini misalnya syarat tanda tangan minimal satu orang direksi dengan stempel resmi perusahaan. Seluruh transaksi tercatat dan akan dikirimkan dalam bentuk rekening koran per bulan

4. Tabungan Investasi

Dengan meningkatnya minat terhadap dunia saham, tabungan investasi menjadi pilihan yang wajib punya bagi para pesaham Indonesia. Jika Anda melakukan transaksi jual beli saham pada platform pilihan, lazimnya harus memiliki tabungan khusus untuk meletakkan dana untuk transaksi tersebut.

Prinsipnya, tabungan investasi lebih bersifat sebagai tempat penampungan dana untuk membeli saham dan menyimpan nilai uang setelah terjadi penjualan saham.

5. Tabungan Haji

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di dunia, tabungan haji cukup populer di Indonesia. Tabungan haji bertujuan untuk membantu proses berangkat haji dalam jangka waktu tertentu. Nasabah umumnya harus komitmen untuk menabung sejumlah uang tertentu yang jumlahnya nanti bisa dijadikan sebagai dana untuk berangkat haji dalam jangka waktu tertentu.

Setelah akumulasi tabungan haji mencukupi, nasabah bisa mendaftarkan ke Kementerian Agama. Sebagai fasilitas pendukung, tabungan haji terkadang sudah dilengkapi asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan.

6. Tabungan Valuta Asing

Tabungan di Indonesia mengacu pada mata uang rupiah sebagai valuta resmi negara kita. Namun, bagi yang membutuhkan tabungan untuk valuta asing baik untuk kepentingan bisnis atau tabungan pribadi, perbankan juga menyediakan tabungan valuta asing yang akan memudahkan semua kebutuhan tersebut. Tabungan valuta asing memungkinkan Anda menyimpan, melakukan transfer, serta menarik dana dengan mata uang asing pilihan.

7. Tabungan Anak/Pendidikan

Banyak perbankan juga menyediakan tabungan untuk anak dengan setoran modal kecil. Ini adalah bentuk edukasi sekaligus motivasi untuk membentuk disiplin menabung sejak dini. Biasanya program tabungan anak dikemas dengan hadiah pembukaan rekening dan tampilan buku atau kartu bank yang tak kalah menarik. Tentunya tabungan anak hanya akan bisa dibuka dan digunakan dengan bantuan orang tua. Karena itu, dana anak tetap akan tercatat sebagai aset orang tua.

Manfaat Menabung di Bank

Manfaat Menabung di Bank

Dilansir dari laman OJK, banyak sekali manfaat menabung di bank yang sudah sepatutnya jadi prioritas dari manajemen keuangan siapapun, yaitu:

  1. Aman. Uang disimpan dengan aman di bank, tidak mudah dicuri maupun tercecer.
  2. Terjamin. Tabungan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai ketentuan yang ada.
  3. Berkembang. Bank akan memberikan bunga yang dihitung berdasarkan saldo tabungan.
  4. Praktis. Terdapat kemudahan layanan perbankan elektronik 24 jam per hari; antara lain ATM, SMS banking, mobile banking, internet banking, phone banking, dan call center.
  5. Hemat. Jika terbiasa menabung, Anda dapat menyisihkan uang dan terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Menabung dan Berinvestasi dengan PFI Mega Life

Pengertian tabungan yang diulas disini adalah dasar dari literasi finansial yang wajib diketahui siapa pun sedini mungkin. Tak kalah penting dari tabungan adalah memiliki mindset investasi demi semakin menjamin hidup yang terjamin dan sehat.

PFI Mega Life menyediakan investasi keuangan dengan produk Mega Prima Link dan Mega Investa Link. Jajaki juga produk untuk perlindungan kesehatan keluarga, Mega Hospital Investa; yang siap mendukung proses berobat dengan santunan harian, manfaat meninggal dan premi yang terjangkau.

 

Pengertian Tabungan Menurut Jenis, Manfaat, dan Fungsinya

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *