BukuWarung Bantu UKM dan UMKM Berkembang: Berikut Kriteria UKM dan UMKM

Keberadaan UKM dan UMKM sangat penting untuk menopang tulang punggung perekonomian negara. Namun, ternyata masih banyak pengusaha yang bingung mengelompokkan usahanya sebagai UKM atau UMKM. Di dalam https://bukuwarung.com/ukm-dan-umkm/ sudah dijelaskan kriteria UKM dan UMKM. 

BukuWarung Bantu UKM dan UMKM

Pengertian UMKM

Pengertian UMKM dibahas melalui UU Nomor 20 Tahun 2008 sebagai berikut:

1. Usaha Mikro

Usaha mikro merupakan usaha dengan keuntungan yang dihasilkan antara Rp 50 juta sampai Rp 300 juta per tahun.

2. Usaha Kecil

Usaha kecil merupakan bisnis perniagaan yang memiliki aset senilai Rp 50 juta sampai Rp 500 juta. Sementara omzet yang dihasilkan per tahun adalah Rp 300 juta sampai Rp 2,5 Miliar.

3. Usaha Menengah

Usaha menengah dikategorikan sebagai bisnis perniagaan dengan skala lebih besar dari usaha kecil dan mikro. Jumlah aset yang dimiliki bisnis di antara Rp 500 juta sampai Rp 10 Miliar. Sementara omzet yang dihasilkan mencapai Rp 2,5 Miliar sampai Rp 50 Miliar setiap tahunnya.

Kriteria Usaha Kecil Menengah (UKM)

Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kriteria yang diatur berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 1995 terkait kriteria Usaha Kecil Menengah.

  1. Aset bersih atau kekayaan UKM paling banyak senilai Rp 200 juta. Aset bersih tidak termasuk tanah tempat usaha atau bangunan
  2. Omzet penjualan yang dicatatkan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) paling banyak Rp 1 Miliar
  3. Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan milik Warga Negara Indonesia (WNI)
  4. Usaha merupakan bisnis yang berdiri sendiri serta bukan merupakan cabang atau anak perusahaan yang dikuasai baik secara langsung dan tidak langsung oleh Usaha Besar dan Usaha Menengah.

Sementara jika merujuk kepada Surat Edaran Bank Indonesia tentang Kredit Usaha Kecil, UKM dikategorikan sebagai usaha dengan kekayaan bersih kurang dari Rp 600 juta. Sementara menurut Departemen Perindustrian dan Perdagangan, aset UKM tidak lebih dari Rp 635 juta.

Aplikasi BukuWarung Bantu Pengusaha UKM dan UMKM Berkembang

BukuWarung merupakan aplikasi pencatat keuangan otomatis yang dapat diinstal di smartphone para pelaku usaha UKM dan UMKM. Melalui BukuWarung, para pelaku usaha dapat mencatat pengeluaran, pemasukan, hingga utang piutang yang ada di perusahaan.

BukuWarung menawarkan solusi bagi pelaku bisnis kecil yang sering kesulitan mencatat arus kas karena mengandalkan cara manual. Kelebihan lain BukuWarung adalah seluruh data akan tersimpan online sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data berharga perusahaan.

Anda bisa mengakses data dimana dan kapan saja. Cukup masuk kembali ke akun dan Anda sudah bisa melihat catatan keuangan di dalamnya.

Segera download aplikasi BukuWarung di Google Play Store dan install aplikasi ini sekarang juga, gratis! Berbagai fitur tersedia di dalam aplikasi ini termasuk aplikasi kasir yang simpel dan mudah. Aplikasi dibuat user-friendly dan sederhana sehingga siapapun bisa mengoperasikannya.

 

BukuWarung Bantu UKM dan UMKM Berkembang

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *