Beli Mobil Baru: Lebih Untung Dicicil Atau Cash Sih?

Membeli mobil impian untuk dipakai bersama keluarga tentu saja menjadi dambaan banyak orang. Meski begitu juga perlu disadari bahwa kendaraan roda empat ini memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini menjadikan banyak calon pembeli bingung menentukan apakah hendak membeli mobil secara kredit vs cash mobil.

Beli Mobil Baru
https://pixabay.com/photos/oldtimer-car-old-car-convertible-1197800/

Tentu masing-masing pilihan memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Maka dari itu bagi Anda yang hendak membeli mobil, sebaiknya perlu untuk mempertimbangkan hal-hal apa saja untuk memilih pembayaran kredit vs cash mobil agar tidak menyesal nantinya.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai

Beli Mobil Secara Tunai
https://pixabay.com/photos/car-traffic-man-hurry-1149997/

1. Tidak mempunyai tanggungan membayar cicilan

Salah satu keuntungan membeli mobil secara tunai yang bisa Anda rasakan adalah tidak memiliki tanggungan cicilan. Hal ini tentunya tidak menjadi beban pikiran Anda setiap bulan. Sehingga uangnya dapat dipakai untuk kebutuhan lain, bukan untuk membayar cicilan ke perusahaan leasing.

2. Terhindar dari gagal bayar

Hal yang meresahkan dari pembayaran kredit setiap bulan adalah risiko gagal bayar. Hal ini bisa saja terjadi apabila tiba-tiba perekonomian Anda terpuruk atau ada kebutuhan mendesak lainnya. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Resiko gagal bayar bisa dialami oleh siapapun, jika tiba-tiba kehilangan pekerjaannya.

Apabila kredit Anda gagal bayar, maka mobil yang Anda kredit akan disita oleh perusahaan leasing atau bank yang kemudian akan dijual lagi. Apabila Anda membayar secara tunai, maka resiko seperti ini tidak akan terjadi.

3. Memiliki kesempatan mendapat diskon dealer

Siapa yang tidak suka diskon? Jika memilih antara kredit vs cash mobil, maka keuntungan menarik yang bisa Anda dapat dari pembayaran cash adalah adanya diskon dealer. Saat ini ada begitu banyak dealer yang menawarkan berbagai potongan harga untuk para calon pembelinya yang membeli secara cash.

Apalagi jika Anda membelinya saat akhir tahun. Ada banyak pilihan mobil dengan model terbaru yang dirilis. Hingga diskon besar-besaran yang disiapkan oleh dealer.

4. Memiliki mobil secara langsung

Jika membayar mobil dengan cara kredit, maka Anda bisa menjadi pemilik mobil secara resmi apabila telah melunasi pembayaran. Berbeda dengan pembayaran tunai, yang sudah resmi Anda miliki apabila transaksi tunai sudah lunas. Dengan begitu Anda berhak menjual mobil tersebut kapanpun jika butuh.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

Membeli Mobil Secara Kredit
https://pixabay.com/photos/automobile-antique-car-citroen-duck-3091234/

1. Lebih cepat mendapatkan mobil

Bagi sebagian orang yang belum memiliki uang cukup untuk membeli mobil, maka pembayaran secara kredit bisa menjadi solusi. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu uang terkumpul untuk beli mobil. Apalagi jika mobil yang diidamkan sebagai penunjang produktivitas.

Dengan pembayaran kredit tentunya Anda perlu untuk memikirkan besaran uang muka serta angsuran tiap bulannya yang sesuai dengan kemampuan. Maka melalui perusahaan leasing atau bank, Anda sudah bisa langsung memiliki mobil secara cepat dengan mengurus persyaratannya.

2. Memiliki kesan pembayaran lebih ringan secara psikologis

Secara psikologis, memang pembayaran kredit terkesan lebih ringan jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. Hal ini jelas terlihat dari banyaknya jumlah uang yang harus Anda bayar dalam satu waktu untuk membeli mobil secara tunai, dibandingkan dengan membayar secara kredit.

3. Tak perlu membayar total harga secara langsung

Kredit vs cash mobil bisa dilihat perbedaannya dari cara pembayaran. Dimana dengan pembayaran tunai, Anda diharuskan membayarkan total harga secara langsung dalam satu waktu. Sehingga bisa jadi hal ini dapat mengurangi kemampuan ekonomi keluarga.

Sedangkan jika Anda membayar secara kredit, maka hanya pembayaran DP yang perlu Anda lakukan. Sedangkan uang sisanya bisa diputar untuk dana lainnya. Sehingga terasa lebih ringan.

4. Mampu meningkatkan skor kredit

Ketika Anda mengambil kredit, rupanya terdapat skor kredit yang akan Anda dapatkan dan tersimpan di Bank Indonesia. Semakin lancar proses pelunasan pembayaran, maka skor kredit Anda semakin baik.

Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri apabila Anda hendak mengambil kredit lainnya jadi lebih mudah. Sebab Bank atau perusahaan leasing menilai kemampuan pembayaran Anda baik.

5. Memiliki uang tunai yang dapat diputar

Keuntungan lain yang bisa Anda dapat dari pembayaran secara kredit yaitu mempunyai uang tunai yang dapat diputar untuk keperluan lainnya. Sehingga produktivitas lainnya bisa tetap berjalan.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Kredit atau Beli Mobil Cash

Ketika memutuskan hendak membeli mobil, ada baiknya disesuaikan dengan kemampuan. Agar jangan sampai menjadi beban keuangan keluarga. Jika Anda mampu untuk membeli mobil secara cash, maka Anda tak perlu repot-repot memikirkan biaya cicilan tiap bulannya. Namun tentunya model mobil yang Anda ingin harus sesuai budget.

Berbeda dengan pembayaran kredit. Meskipun budget terbatas, Anda bisa memilih jenis mobil yang lebih baik dibanding jenis mobil yang mungkin bisa Anda beli secara cash. Apalagi dana sisanya masih bisa Anda putar untuk kebutuhan yang lainnya.

Saat ini ada banyak perusahaan leasing atau Bank yang menawarkan sistem kredit untuk mendapatkan mobil impian. Salah satunya Maybank Finance yang menyediakan sistem pembiayaan kredit secara mudah dan cepat. Maybank Finance mampu membantu mewujudkan kendaraan impian Anda dan keluarga, baik mobil baru maupun bekas.

Ada banyak fitur yang bisa Anda coba, salah satunya simulasi kredit mobil impian Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa DP, cicilan serta tenor pembayaran secara mudah. Tentunya masih banyak fasilitas lain yang ditawarkan. Mau bayar kredit vs cash mobil, tentukan kebutuhan Anda sekarang.

Sumber :

  • https://www.cermati.com/artikel/keuntungan-membeli-mobil-secara-tunai-dan-kredit
  • https://www.ciputralife.com/blog/mana-yang-lebih-baik-membeli-mobil-dengan-cash-atau-kredit
  • https://maybankfinance.co.id/artikel/kredit-atau-cash-mobil/

 

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Admin LP

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *