5 Aktivitas Me Time Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi

Aktivitas ibu rumah tangga memang selalu berulang dan terkesan monoton, tapi semua dilakukan dari hati demi kebaikan keluarganya masing-masing.  Di masa pandemi yang hampir memasuki tahun kesatu ini masing-masing ibu rumah tangga harus tetap bisa melakukan aktivitasnya dan mengambil waktu me time sesuai dengan kesukaannya supaya tetap menjaga kewarasannya.

Aktivitas Me Time

Aktivitas Me Time Ibu Rumah Tangga

Bicara soal me time yang artinya menikmati waktu sendiri atau bersama teman-teman dengan melakukan kegiatan yang disenangi. Me time gak harus mengeluarkan uang kok tiap orang bisa melakukan aktivitas yang berbeda.

Pada salah satu buku tentang Me Time dijelaskan bahwa indikator seorang ibu kurang me time salah satunya adalah mudah marah dan mudah tersinggung dan bisa berpengaruh terhadap keluarga.

Akhir-akhir ini banyak yang mulai bercocok tanam di rumah untuk mengisi waktu luangnya karena gerak kita di luar rumah masih terbatas. Tapi tidak semua ibu rumah tangga harus berkebun juga kok, pilih saja kegiatan yang bisa membuat happy.

Berikut ini beberapa kegiatan Me Time yang biasa dilakukan oleh pemilik blog www.fitrian.net selama pandemi di luar aktivitas ngeblog rutinnya.

Yoga

Bagi mereka yang suka bergerak, pandemi membuat ruang geraknya menjadi terbatas. Yoga adalah salah satu cara saya untuk tetap bugar karena dapat melakukan peregangan yang membuat kita menjadi rileks dan mengurangi stres. Rutin berlatih yoga membuat saya cepat tidur di malam hari.

Bersepeda

Gak nyangka lho ternyata saya bisa gowes betulan. Memang ada gowes bohongan? Maksudnya selama ini saya olahraga sepeda statis saja di rumah. Tapi sejak pandemi ini malah rajin banget sepedaan ke luar rumah pada weekend bermodalkan sepeda hadiah doorprize pada event blogger sebelum pandemi terjadi. Semua itu perlu pembiasaan dari yang awalnya gowes 10 KM terasa capek lama-lama malah terbiasa dan bisa menempuh jarak yang jauhnya 5 kali lipat dibandingkan jarak awal.

Loading...

Dengan bersepeda saya jadi tahu ada lokasi-lokasi menarik yang ada di daerah sendiri dan bisa menaklukkan tantangan yang ada seperti melalui tanjakan yang curam dan tinggi. Yang paling seru itu dapat menikmati aroma alam dan hutan di tempat tujuan bersepeda, maklumlah selama ini hanya bisa menikmati hutan beton di sekitar rumah.

Lari

Olahraga yang satu ini juga mulai saya tekuni saat ini dan menjadi jatuh cinta. Takjub aja ternyata bisa berhasil lari 5K untuk pertama kalinya setelah berlatih tidak terlalu lama. Beruntung ada pelatih pribadi yang mengajari saya juga anak-anak untuk bisa berlari dengan benar yaitu suami.

Beliau mengajarkan teknik bernapas, berlari dan menggunakan aplikasi berlatih lari. Intinya melatih kebiasaan sedikit demi sedikit jangan langsung berlari jauh dan kecepatan penuh yang ada malah capek di jalan dan gak bisa melanjutkan latihan.

Rutin Pakai Skincare 

Namanya juga perempuan, meskipun di rumah aja tapi harus tetap menjaga kesehatan kulit juga dong, gak hanya kesehatan tubuh aja. Rutin pakai basic skincare aja supaya kulit gak terlihat kusam. Gak keluar rumah bukan berarti stop penggunaan sunscreen atau tabir surya lho, karena di dalam rumah pun kulit kita masih tetap terpapar sinar UV dan berisiko dari berbagai penyakit kulit.

Nonton Film dan Mendengarkan Musik

Setelah selesai melakukan aktivitas rutin ibu rumah tangga, boleh lho buat penggemar film meluangkan waktu menonton film kesayangan sesuai dengan genre yang disukai. Film drakor? gak masalah kok yang penting bikin relaks. Semua film saya suka dari negara mana pun, apalagi di Netflix ada original movie dari berbagai negara. Yang paling saya sukai adalah film bertema kedokteran.

Lagi masak atau beres-beres rumah paling asyik sambil mendengarkan musik kencang-kencang dari smartphone yang terkoneksi dengan speaker bluetooth. Untungnya suami dan anak-anak gak pernah protes dengan apa yang saya lakukan ini, lagi pula mereka asyik di kamarnya masing-masing melakukan pelajaran online dan WFH.

Dari 5 aktivitas me time tersebut siapa tahu bisa menginspirasi ibu rumah tangga lainnya supaya tidak merasa bosan di rumah. Mager dan rebahan terus di rumah memang asyik tapi jangan lupa untuk tetap bergerak dan menjaga kesehatan ya!

 

Aktivitas Me Time Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi

Loading...

Ikut mencerdaskan masyarakat dengan bacaan dan tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *